DERETAN PROYEK INFRASTRUKTUR PROPERTI DI CIBUBUR YANG MENJANJIKAN

Properti dan Solusi

3 Proyek Infrastruktur Sektor Properti Cibubur Kian Menjanjikan

Sejak dulu, Cibubur sudah dikenal sebagai kawasan yang tumbuh di sektor properti seperti permukiman. Sebut saja nama-nama mulai dari Legenda Wisata Cibubur, Raffles Hills Cibubur, Cibubur Country, Cibubur Residence, hingga Kota Wisata Cibubur pun hadir untuk mengakomodasi kebutuhan akan hunian di wilayah tersebut. Ini menunjukkan iklim bisnis dan investasi properti di kawasan ini sangat menjanjikan. Terlebih dengan banyaknya perbaikan dan penambahan infrastruktur baru yang akan membuat wilayah ini semakin berkembang.

Dengan adanya infrastruktur dan akses yang semakin baik, Cibubur bisa menjadi magnet banyak orang untuk tinggal. Para pengembang pun tentunya akan lebih giat menghadirkan proyek properti di sana. Hal ini disebabkan oleh lokasi Cibubur yang sangat strategis dan sejumlah proyek infrastruktur yang akan menambah akses ke wilayah tersebut. Lokasi Cibubur dikatakan strategis karena berada di antara pusat kota Jakarta, Bekasi, Depok, dan Bogor.

[Baca Juga : 6 Langkah Memulai Bisnis Properti]

Terkait proyek infrastruktur, tercatat ada dua proyek dan satu pengembangan koridor yang bakal membuat wilayah Cibubur semakin strategis, nyaman, dan memiliki nilai investasi properti yang kian tinggi. Proyek-proyek itu adalah Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) dan Light Rapid Transit (LRT) Cawang-Cibubur, serta Pengembangan Koridor Cibubur-Cileungsi- Jonggol (Cicinggo) Jilid II. Berikut uraian lengkapnya.

Tol Cimanggis Cibitung (Cimaci)

DERETAN PROYEK INFRASTRUKTUR PROPERTI DI CIBUBUR YANG MENJANJIKAN

Jalan Tol Cimaci merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Pembangunan tol ini ditujukan untuk mengurangi beban kendaraan pada jalur yang melalui pusat kota Jakarta. Berdasarkan data yang dikutip dari Kompas.com (14/7/2018), jalan tol ini terdiri dari Seksi 1 (Cimanggis Junction (Tol Jagorawi)-Transyogi) dan Seksi 2 (Transyogi-Cibitung). Pengerjaan Seksi 1 saat ini terus dilakukan dan ditargetkan selesai pada Desember 2018. Panjangnya mencapai 3,5 kilometer dan dibangun dengan biaya investasi hingga Rp 3,5 triliun.

Untuk Seksi 2 yang akan berakhir di Cibitung, pembangunannya juga tengah dilakukan. Hanya saja, target rampung Seksi 2 ini ada di tahun 2019. Jika pengerjaan Seksi 1 dan 2 sudah selesai, nantinya tol yang digadang-gadang bisa mengurangi kepadatan kendaraan di Cibubur ini akan memiliki panjang total mencapai 26 kilometer. Perumahan Raffles Hills dan Kota Wisata Cibubur pun akan ditembus tol itu nantinya.

LRT Cawang-Cibubur

DERETAN PROYEK INFRASTRUKTUR PROPERTI DI CIBUBUR YANG MENJANJIKAN

LRT Cawang-Cibubur merupakan salah satu relasi dari LRT Jakarta yang melayani perjalanan dari Stasiun LRT Cibubur hingga Stasiun LRT Cawang. Jarak yang ditempuh di relasi ini sekitar 13,7 km. Saat ini, relasi tersebut masih dalam tahap konstruksi. Sementara konstruksinya sendiri mengadopsi struktur layang dan membentang di sisi jalan tol Jagorawi. Dari Cawang hingga Pasar Rebo, jalur ini berada di sisi timur jalan tol Jagorawi. Sementara dari Pasar Rebo ke Cibubur, jalurnya berpindah ke sisi barat Jagorawi.

Relasi ini memiliki lima stasiun pemberhentian. Jika sudah selsai dibangun, tentu pilihan moda transportasi publik ke Cibubur akan bertambah. Di sisi lain, alternatif moda transportasi yang bertambah dan semakin nyaman, tentu akan mendorong migrasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Hingga akhirnya, hal ini akan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan sekitar Cibubur yang selama ini terkenal macet.

[Baca Juga : Tidak Lama Lagi, Warga Cibubur Bisa Naik LRT]

Pengembangan Koridor Cicinggo Jilid II

CIBUBUR_PROPERTI_DERETAN PROYEK INFRASTRUKTUR PROPERTI DI CIBUBUR YANG MENJANJIKAN_IVAN-04.jpg

Koridor Cicinggo yang selama ini digunakan telah menghubungkan Cibubur dengan beberawa wilayah lain di sekitarnya. Beberapa perumahan besar seperti Raffles Hills Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Kota Wisata Cibubur pun ada di koridor tersebut sehingga memiliki akses yang mudah untuk ke Jakarta, Depok, Bekasi, serta Bogor. Nah, koridor ini akan dikembangkan. Pengemangan Ciconggo Jilid II ini pun akan menjangkau wilayah yang lebih luas, sehingga Cibubur semakin strategis dan nilai investasi properti di sana semakin meningkat.

Read More

Artikel Lainnya

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Berita Kawasan

Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta

20 September 2019, 18:00  |  8 Views

Aksi Global Climate Strikes yang digagas Greta Thunberg diikuti pula oleh sejumlah anak-anak muda di Indonesia. Siapakah dia?

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

Bisnis

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

20 September 2019, 17:00  |  10 Views

Sony Eco Shopping Bag Design Contest menjadi salah satu langkah untuk upaya memelihara lingkungan hidup. Seorang mahasiswa di Jakarta berhasil memenangkan kontes yang diadakan Sony Indonesia tersebut.

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

Bisnis

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

20 September 2019, 16:00  |  15 Views

Sebagaimana bentuk kepedulian DBS Foundation terhadap wirausaha sosial di Indonesia, SE Bootcamp kembali hadir.

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

20 September 2019, 15:00  |  13 Views

Usai diresmikan Rawa Binong bahkan direncanakan menjadi pusat oleh-oleh dan cenderamata Kabupaten Bekasi. Sudah pernah ke sana?


Comments


Please Login to leave a comment.