Proyek Kampung Susun Jadi Angin Segar Bagi Warga Kampung Ku nir.jpg

Properti dan Solusi

Proyek Kampung Susun Jadi Angin Segar Bagi Warga Kampung Kunir

Selama bertahun-tahun, puluhan kepala keluarga (KK) eks-Kampung Kunir terus menanti kembali ke kampung mereka yang sudah berdiri sejak tahun 1979 tapi terpaksa diratakan pada tahun 2015 akibat proyek normalisasi Sungai Ciliwung. Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan menjanjikan akan mendirikan lokasi yang layak huni di lahan yang sempat digusur tersebut sehingga puluhan KK eks-Kampung Kunir bisa kembali ke kampung mereka dulu. Pada hari ini 14 Oktober 2021, janji itu mulai terealisasi.

Kampung Kunir yang berlokasi tidak jauh dari lokasi ikonik Kota Tua Jakarta itu memang terus dirindukan oleh para warganya yang ingin bisa kembali ‘pulang’ dan berkumpul dengan tetangga serta sanak saudara mereka yang sudah puluhan tahun tinggal bersama. Walau membutuhkan waktu sekitar lebih dari enam tahun, kesabaran 33 KK eks-Kampung Kunir mulai terbayarkan, Pasalnya, bak angin segar, Anies Baswedan meresmikan pencanangan proyek pembangunan Kampung Susun Kunir yang berlokasi di Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Proyek Kampung Susun Jadi Angin Segar Bagi Warga Kampung Kunir.jpg

Proyek ini merupakan langkah lanjutan dari Pemprov DKI Jakarta dalam memastikan masyarakat Ibu Kota yang sempat kehilangan rumahnya akibat penggusuran dulu mendapatkan hunian yang layak. Di mana jika sesuai target maka 33 KK eks-Kampung Kunir sudah bisa menempati Kampung Susun Kunir pada pertengahan tahun 2022.

“Sebelumnya, kita telah menuntaskannya di Kampung Akuarium. Teman-teman pasti sudah mengetahui tempatnya yang telah layak untuk dihuni, apalagi tahun lalu untuk pencanangan peletakan batu pertama. Kita ingin merasakan hal yang sama untuk warga Kampung Kunir. Insya Allah, bapak/ibu sekalian segera akan bisa tinggal di rumah yang layak di tempat ini pada Agustus tahun depan," ujar Anies dalam kegiatan peresmian pembangunan Kampung Susun Kunir, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (14/10/2021).

[Baca Juga: Proyek Rusun Jatinegara Dinamai Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung]

Kampung Susun Kunir ini bila rampung nanti akan memiliki 33 unit yang sudah dilengkapi sarana dan prasarana. Menariknya fasilitas yang dibangun ini bukan hanya untuk menunjang kegiatan warga Kampung Kunir tapi bisa juga dikunjungi oleh publik. Karena di bangunan Kampung Susun Kunir yang berdiri di atas lahan dengan luas 860 meter itu juga akan hadir galeri sejarah dan display situs arkeologi dalam bentuk penanda jejak tembok Kota Tua.

“"Konsep kampungnya dipertahankan dengan rancangan yang sesuai. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada tim yang sudah merancang tempat ini sesuai dengan setting lokasinya. Di samping sungai, ada ruang bersama yang cukup luas. Sementara, di lantai dasar ada ruang interaksi di selasar. Itu semua akan menjaga situasi kampung dalam sebuah rumah susun. Doakan saja pembangunannya semoga tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat biaya," tambah Gubernur DKI Jakarta itu.


Read More

None

None
None

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.