Akomodir Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung, Pemkot Jakarta Timur Siapkan Rusun Jat inegara.jpg

Berita Kawasan

Proyek Rusun Jatinegara Segera Dimulai

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga kini sebenarnya masih ada pekerjaan rumah yang terus belum dimulai kembali pengerjaannya padahal sudah sempat dikerjakan pada tahun 2018. PR yang dimaksud itu adalah proyek normalisasi Kali Ciliwung yang dikerjakan dalam upaya mengantisipasi banjir besar seperti yang pernah menimpa Ibu Kota di tahun 2012. Proyek ini tertahan akibat hambatan pembebasan lahan dan tampaknya hambatan ini pun perlahan terus dikejar untuk diatasi. Di mana caranya adalah mengakomodir para warga yang terdampak proyek ini ke Rumah Susun (Rusun) Jatinegara saat pembangunannya rampung nanti.

Proyek pembangunan Rusun Jatinegara rencananya akan dimulai pada pekan ini. Di mana rusun ini didirkan di lahan seluas 29.070 m2 yang lokasinya berada di lahan HPL Nomor 4, Jalan Kavling DPR, RT 007/RW 09, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung. Proyek ini disebut dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan menggandeng PT Duta Pertiwi.

Akomodir Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung, Pemkot Jakarta Timur Siapkan Rusun Jatinegara.jpg

Pada 3 Oktober 2021, dimulainya proyek pembangunan Rusun Jatinegara dengan proses kerja bakti yang dilakukan di sana untuk membersihkan puing-puing, sampah, semak belukar, hingga rumput yang bertebaran di lahan tersebut. Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar terlihat langsung turun pada akhir pekan kemarin dalam rangka meninjau kerja bakti di sana sekaligus menjelaskan tujuan kegiatan.

“Kita bersih-bersih dalam rangka persiapan groundbreaking (peletakan batu pertama) tanggal 7 Oktober 2021 oleh Pak Gubernur (Anies Baswedan),” ungkap Anwar, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (3/9/2021).

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir]

Orang nomor satu di Jakarta Timur itu melanjutkan, di lahan dengan luas puluhan ribu meter tersebut akan dibangun rusun yang memiliki luas 4.407 meter. Sedangkan dari sisi penghuninya sendiri, menurut Anwar, Rusun Jatinegara akan diisi oleh para warga Bukit Duri yang terdampak proyek normalisasi Kali Ciliwung.

Terkait proyek normalisasi Kali Ciliwung sendiri, proyek ini sebenarnya sudah berjalan sekitar 45 persen sebelum terhenti, yaitu periode tahun 2013-2017. Di mana setidaknya dari target 33,69 kilometer yang seharusnya dinormalisasikan baru 16 kilometer yang rampung. Sebenarnya program ini seharusnya dilanjutkan pada tahun 2020 dengan Pemprov DKI Jakarta yang berupaya merampungkan pembebasan lahannya terlebih dahulu.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.