Selama Ibadah Ramadan, Warga Malang Tetap Jalani Protokol Kesehatan

Berita Kawasan

PSBB Bandung Raya Dimulai, Bawa Ini Saat Terpaksa ke Luar Rumah!

Wilayah Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang mulai menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Rabu, 22 April 2020. Rencananya, PSBB akan berlaku hingga Selasa 5 Mei 2020 mendatang.

Sejumlah peraturan mulai dibuat untuk menekan penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2. Salah satunya ialah larangan berpergian ke luar rumah jika tidak ada sesuatu yang mendesak. Kalaupun harus keluar rumah untuk mencari nafkah seperti karyawan yang harus bekerja di kantor, ada beberapa barang yang perlu dibawa agar tidak terjaring pemeriksaan yang dilakukan para petugas di tiap check point.

[Baca Juga: Bandung Raya Siap 100 Persen Laksanakan PSBB]

Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, bagi para pekerja yang melewati perbatasan kota wajib membawa tanda pengenal karyawan atau ID Card. Apabila tak ada, karyawan bisa menggunakan surat tugas dari kantor atau perusahaan sebagai gantinya.

“Nanti tinggal menunjukan ID Card saja. Tapi, kami sudah ingatkan dan imbau semua institusi baik pemerintah atau swasta untuk melakukan efisiensi pekerja untuk work from home,” ujar Ema.

Sejumlah Larangan Saat PSBB Diterapkan di Bandung Raya

Selanjutnya kata Ema, setiap pengendara sepeda motor, mobil, atau pun sopir angkutan umum dan barang diwajibkan untuk selalu menggunakan masker ketika berada di luar ruangan. Khusus untuk pengguna sepeda motor, diwajibkan pula mengenakan sarung tangan, serta jaket atau baju lengan panjang.

Selain itu, bagi ojek online tidak diperbolehkan mengangkut penumpang untuk sementara waktu. Sedangkan bagi kendaraan roda empat, baik itu angkutan umum, mobil pribadi serta bus kota hanya boleh terisi penumpang sebanyak 50 persen dari kapasitas angkut.

[Baca Juga: Ini ke-24 Titik Penyekatan di Kota Bandung Selama Pemberlakuan PSBB]

Menurut Ema, mereka yang melanggar dan tak sesuai dengan ketentuan dalam perwal akan diberikan sanksi yang tegas salah satunya adalah pelarangan untuk masuk ke Kota Bandung.

Untuk diketahui sampai dengan Rabu, 22 April 2020, jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Bandung mencapai 157 orang. Dari jumlah tersebut, 20 orang telah dinyatakan sembuh sedangkan 27 orang meninggal dunia.

Sementara untuk di wilayah Jawa Barat, jumlah kasus positif COVID-19 telah mencapai 762 orang. Sebanyak 79 orang dinyatakan sembuh sedangkan 71 orang lainnya meninggal dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.