Mulai 10 April 2020, DKI Berlakukan PSBB, Ini yang Dibatasi

Berita Kawasan

PSBB DKI Jakarta, Ini 6 Hal yang Dibatasi Mulai 10 April

Mulai tanggal 10 April 2020, DKI Jakarta akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini telah disetujui Menteri Kesehatan Agus Putranto untuk mempercepat penanganan COVID-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pengumuman resminya, dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada 07 April 2020. Ia mengatakan PSBB efektif dimulai hari Jumat, tanggal 10 April 2020. Adapun penerapan PSBB ini bersifat tegas dan harus ditaati masyarakat.

Melansir laman BBC.com (08/04/2020). Pedoman Penerapan PSBB ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No.9 Tahun 2020. Ada mengatur antara lain kriteria penetapan PSBB di suatu wilayah, baik kota/kabupaten hingga tingkat provinsi serta pembatasan kegiatan di suatu wilayah.

[Baca Juga: Pemerintah Tetapkan PSBB, Ini Bansos Bagi Warga Terdampak Covid-19]

Berikut kegiatan-kegiatan yang dibatasi bila suatu wilayah menerapkan PSBB sesuai pasal 13 dalam Permenkes yang baru diterbitkan itu:

  1. Peliburan sekolah dan tempat kerja, terkecuali bagi kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri ekspor dan impor, distribusi, logistik,dan kebutuhan dasar lainnya.
  2. Pembatasan kegiatan keagamaan.
  3. Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, terkecuali supermarket, minimarket, pasar, toko, atau tempat penjualan obat-obatan dan peralatan medis, kebutuhan pangan, barang kebutuhan pokok, barang penting, bahan bakar minyak, gas dan energi. Fasilitas pelayanan kesehatan atau fasilitas lain dalam rangka pemenuhan pelayanan kesehatan. dan tempat atau fasilitas umum untuk pemenuhan kebutuhan dasar penduduk lainnya termasuk kegiatan olahraga.
  4. Pembatasan kegiatan sosial dan budaya.
  5. Pembatasan moda transportasi, terkecuali untuk moda transpotasi penumpang baik umum atau pribadi dengan memperhatikan jumlah penumpang dan menjaga jarak antar penumpang, dan moda transpotasi barang dengan memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk
  6. Pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.

[Baca Juga: Persiapan Malang Raya Untuk Pengajuan Status PSBB]

Pembatasan ini akan berlangsung selama dua pekan, yang dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Namun, menurut kesehatan masyarakat Universitas Indonesia Profesor Budi Haryanto, mengatakan PSBB akan mulai menunjukkan hasil berupa pelandaian atau pengurangan kasus COVID-19 dalam kurun waktu 21 hingga 28 hari setelah PSBB efektif diterapkan dengan pengawasan ketat.

Budi mengatakan, jika PSBB mulai diterapkan, mereka yang kini positif Covid-19 rata-rata akan sembuh dalam waktu dua pekan. “Orang yang tertular dalam beberapa hari setelah PSBB diterapkan, kemungkinan akan sembuh dalam waktu dua minggu,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.