Mulai 10 April 2020, DKI Berlakukan PSBB, Ini yang Dibatasi

Berita Kawasan

PSBB DKI Jakarta, Ini 6 Hal yang Dibatasi Mulai 10 April

Mulai tanggal 10 April 2020, DKI Jakarta akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini telah disetujui Menteri Kesehatan Agus Putranto untuk mempercepat penanganan COVID-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pengumuman resminya, dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada 07 April 2020. Ia mengatakan PSBB efektif dimulai hari Jumat, tanggal 10 April 2020. Adapun penerapan PSBB ini bersifat tegas dan harus ditaati masyarakat.

Melansir laman BBC.com (08/04/2020). Pedoman Penerapan PSBB ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No.9 Tahun 2020. Ada mengatur antara lain kriteria penetapan PSBB di suatu wilayah, baik kota/kabupaten hingga tingkat provinsi serta pembatasan kegiatan di suatu wilayah.

[Baca Juga: Pemerintah Tetapkan PSBB, Ini Bansos Bagi Warga Terdampak Covid-19]

Berikut kegiatan-kegiatan yang dibatasi bila suatu wilayah menerapkan PSBB sesuai pasal 13 dalam Permenkes yang baru diterbitkan itu:

  1. Peliburan sekolah dan tempat kerja, terkecuali bagi kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri ekspor dan impor, distribusi, logistik,dan kebutuhan dasar lainnya.
  2. Pembatasan kegiatan keagamaan.
  3. Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, terkecuali supermarket, minimarket, pasar, toko, atau tempat penjualan obat-obatan dan peralatan medis, kebutuhan pangan, barang kebutuhan pokok, barang penting, bahan bakar minyak, gas dan energi. Fasilitas pelayanan kesehatan atau fasilitas lain dalam rangka pemenuhan pelayanan kesehatan. dan tempat atau fasilitas umum untuk pemenuhan kebutuhan dasar penduduk lainnya termasuk kegiatan olahraga.
  4. Pembatasan kegiatan sosial dan budaya.
  5. Pembatasan moda transportasi, terkecuali untuk moda transpotasi penumpang baik umum atau pribadi dengan memperhatikan jumlah penumpang dan menjaga jarak antar penumpang, dan moda transpotasi barang dengan memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk
  6. Pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.

[Baca Juga: Persiapan Malang Raya Untuk Pengajuan Status PSBB]

Pembatasan ini akan berlangsung selama dua pekan, yang dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Namun, menurut kesehatan masyarakat Universitas Indonesia Profesor Budi Haryanto, mengatakan PSBB akan mulai menunjukkan hasil berupa pelandaian atau pengurangan kasus COVID-19 dalam kurun waktu 21 hingga 28 hari setelah PSBB efektif diterapkan dengan pengawasan ketat.

Budi mengatakan, jika PSBB mulai diterapkan, mereka yang kini positif Covid-19 rata-rata akan sembuh dalam waktu dua pekan. “Orang yang tertular dalam beberapa hari setelah PSBB diterapkan, kemungkinan akan sembuh dalam waktu dua minggu,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.