PSBB Hari Ke-1, Segelintir Arek Surabaya Langgar Jam Malam

Berita Kawasan

PSBB Hari Ke-1, Segelintir Arek Surabaya Langgar Jam Malam

Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai diberlakukan di Kota Pahlawan hingga 11 Mei 2020 mendatang. Hal ini sesuai amanat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 18 Tahun 2020 dan Keputusan Gubernur nomor 188/2020/KPTS/013/2020, yang kemudian ditegaskan kembali melalui Perwali Nomor 16 tahun 2020, oleh Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya.

Mulainya penerapan PSBB ini ditandai dengan pengecekkan langsung lokasi check point di titik perbatasan wilayah oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah dan Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, Selasa (28/4/2020) dini hari.

[Baca Juga: Perwali Diteken Risma, Surabaya Bersiap PSBB]

Dalam tiga hari pertama, tutur Luki, aparat hanya akan memberikan imbauan dan teguran jika ada masyarakat yang tidak mematuhi poin-poin penerapan PSBB. Setelah tiga hari berlalu, maka akan diberlakukan teguran dan tindakan.

Luki pun meminta masyarakat mau patuh dan tak melakukan aktivitas apa pun di saat malam hari, dimulai pukul 21:00 hingga 04:00. "Untuk jam malam nanti kita akan prioritaskan, memang untuk betul-betul menjaga suasana PSBB. Ini betul-betul hal yang penting, untuk (masyarakat) itu tidak usah keluar malam," tuturnya, seperti dilansir kompas.com, Senin (27/4/2020).

Check Point Bundaran Waru

Selama proses pengecekkan, tampak di lokasi check point Bundaran Waru, petugas begitu teliti memeriksa para pengguna jalan yang melintas, mulai dari menanyakan tujuan masuk ke daerah PSBB hingga menegur jika tidak ada yang menggunakan masker. Beberapa pengendara dipaksa petugas untuk balik kanan, namun ada juga yang akhirnya diberi masker oleh petugas.

Salah satu pengguna jalan yang hendak masuk ke Kota Surabaya dari arah Kabupaten Sidoarjo sempat diperiksa oleh petugas. Saat diperiksa petugas pengguna jalan ini bisa menunjukkan surat jalan dari kantornya dan juga mengenakan masker sehingga ia diperbolehkan untuk masuk ke Kota Surabaya. "Semoga dengan PSBB ini virus corona segera hilang, biar bisa beraktivitas lagi," ucap pengguna jalan yang belakangan diketahui bernama Reza.

PSBB Hari Ke-1, Segelintir Arek Surabaya Langgar Jam Malam

Sementara itu, salah seorang pengendara motor dimarahi petugas kepolisian gara-gara plin-plan saat ditanya tujuannya datang ke Surabaya. Lelaki penunggang motor sport biru ini terlihat bertele-tele dalam memberi penjelasan kepada petugas.

"Saya dari Siwalankerto pak mau ke belakang Cito (Mall Citu of Tomorrow). Tadi saya sudah diberhentikan petugas dan disuruh putar balik karena gak pakai masker. Saya putar balik dan ambil masker," ujar pemotor itu menjawab pertanyaan polisi.

Polisi kemudian menjelaskan, bahwa selama penerapan PSBB, aktivitas warga dibatasi. Bagi warga yang tidak memiliki kepentingan mendesak diharapkan tidak keluar rumah. Tak lupa petugas memintanya untuk putar arah kembali ke rumah.

[Baca Juga: COVID-19 Melonjak, Akademisi Desak Pemkot Surabaya Ajukan PSBB]

Namun lelaki ini tetap bersikukuh ingin lewat seraya menjelaskan bahwa tujuannya ke belakang Cito adalah ke rumah istrinya bukan untuk main. "Saya mau ke rumah istri saya pak. Rumahnya di situ di belakang Cito," kata lelaki tersebut, yang kemudian direspons petugas dengan amarah karena dianggap tak konsisten beri penjelasan.

Lantaran dimarahi, lelaki itupun akhirnya meminta maaf pada petugas dan memohon diizinkan karena istrinya sudah menunggu. Petugas pun akhirnya mengijinkan setelah melihat KTP lelaki tersebut ternyata warga Surabaya.

Sekadar informasi, hingga Senin (27/4/2020) telah terkonfirmasi sebanyak 372 warga Kota Surabaya positif terinfeksi virus SARS-CoV-2. Dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 73 orang berhasil sembuh sedangkan 51 orang lainnya meninggal dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.