PSBB Kota Bogor Resmi Diperpanjang, Ada Sanksi Bagi Pelanggar

Berita Kawasan

PSBB Kota Bogor Resmi Diperpanjang, Ada Sanksi Bagi Pelanggar

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bogor resmi diperpanjang hingga 26 Mei 2020 mendatang. Agar PSBB tahap tiga ini berjalan efektif, Pemerintah Kota Bogor menerapkan sanksi yang tegas bagi para pelanggar.

Wali Kota Bogor Bima Arya pun sudah menandatangani Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 37 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis pelaksanaan penerapan sanksi pelanggaran PSBB. Pada Rabu, 13 Mei 2020, Bima menjelaskan sanksi yang tertuang dalam peraturan tersebut di antaranya berupa denda. Selama tiga hari ke depan, Pemkot Bogor akan menyosialisasikan terlebih dulu sanksi itu, selanjutnya pelanggaran akan langsung ditindak oleh petugas.

“Saya ingin meyampaikan Pemkot Bogor telah mengesahkan satu Perwali yang mengatur tentang sanksi bagi pelanggar di masa PSBB ini,” jelas Bima Arya, dikutip dari kotabogor.id (13/5/2020).

“Sebagai contoh bagi seseorang yang tidak menggunakan masker di luar rumah pada tempat dan fasilitas umum akan diberikan sanksi mulai dari kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum atau denda Rp50 ribu hingga Rp250.000. Pemberian sanksi dilakukan oleh Satpol PP dan dapat didampingi TNI/Polri,” lanjutnya.

Bogor Raya Siagakan 85 Check Piont Selama Masa PSBB

Kemudian, sambung Bima, setiap pimpinan tempat kerja (yang tidak dikecualikan) yang melanggar penghentian sementara aktivitas bekerja di tempat kerja selama pemberlakuan PSBB dikenakan sanksi administratif berupa penghentian sementara atau denda Rp1 juta hingga Rp10 juta.

Restoran yang belum membatasi layanan makanan ditempat pun akan diberi sanksi. Seluruh rumah makan harus menerapkan layanan take away atau pemesanan online. “Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi berupa penghentian sementara/penyegelan, denda Rp5 juta hingga Rp10 juta,” kata Bima.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Siap Kembali Terapkan PSBB Hingga 26 Mei]

Sementara itu, sanksi lainnya juga diberikan kepada

  1. Individu atau korporasi yang melakukan kegiatan dengan jumlah melebihi lima orang di tempat umum
  2. Pengemudi mobil pribadi yang melanggar jumlah angkut orang maksimal atau tidak mengenakan masker
  3. Pengendara sepeda motor yang melanggar ketentuan membawa penumpang dan atau tidak mengenakan masker

[Baca Juga: RSUD Kota Bogor Sudah Layani Pasien Non-COVID-19]

Dengan diterapkannya sanksi bagi pelanggar, Pemkot Bogor berharap dapat menyelamatkan sebanyak mungkin warga Kota Bogor dari penularan Virus Corona baru. Bima pun berbagi cerita tentang pengalamannya menjadi pasien positif COVID-19. Ia tidak ingin apa yang terjadi padanya dialami warga Kota Bogor.

“Sebagai orang yang pernah merasakan 22 hari dirawat di Rumah sakit, [rasanya] sangat tidak enak, sangat tidak nyaman. Saya tidak mau ada lagi warga Bogor yang merasakan seperti saya. Karena itu ikhtiar kita adalah menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa manusia di Kota Bogor tercinta ini,” tutur Bima.

Hingga Rabu, 13 Mei 2020, melalui situs covid19.kotabogor.id, tercatat ada 101 kasus positif COVID-19 di Kota Bogor. Sebanyak 21 orang di antaranya sembuh, 14 orang meninggal dunia, dan 66 sedang dalam perawatan di rumah sakit.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.