Pemkab Bekasi Klarifikasi Lockdown di Tambun Selatan dan Cibitung

Berita Kawasan

PSBB: Pemkab Bekasi Bagikan Masker dan Sweeping Pemancingan

Mengikuti Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi juga mulai memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya. Penerapannya mulai dilaksanakan dari Rabu (15/4/2020) hingga dua pekan ke depan.

Demi menyukseskan kebijakan PSBB tersebut, seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi saling bersinergi. Seperti yang dilakukan Kepala Desa Karang Asih, Samsu Dawam. Dia bersama jajarannya membagikan ratusan masker kepada para pengendara yang melintas di sepanjang Jalan KH Dewantara, Desa Karang Asih Cikarang Utara.

"Ini adalah salah satu kepedulian kami untuk memutus mata rantai penyebaran dengan memberikan masker gratis kepada pengendara yang tidak menggunakan masker," ucapnya, di situs bekasikab.go.id (16/4/2020).

PSBB Pemkab Bekasi Bagikan Masker dan Sweeping Pemancingan

Selain memberikan masker gratis, dirinya pun tak henti menyampaikan kepada masyarakat sekaligus menghimbau untuk mematuhi peraturan yang sudah diterapkan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di enam kecamatan wilayah Kabupaten Bekasi.

"Sejak diberlakukan PSBB saya bersama BPD, Karang Taruna, RT, RW hingga Dusun serta melibatkan yang lain untuk mensosialisasikan peraturan tersebut. Misalnya seperti kita temui satu motor berboncengan untuk tidak diulangi hingga pedagang yang menyediakan makan ditempat kami imbau untuk tidak menyediakan makan ditempat," jelas Kades yang akrab disapa Cacu ini.

[Baca Juga: Permudah Masyarakat, Pemkab Bekasi Sediakan Pasar Online]

Sementara itu, sejumlah relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi melakukan sweeping terhadap warga DKI Jakarta yang berada di lokasi pemancingan.

Aksi tersebut untuk mencegah terjadinya penularan virus SARS-CoV-2 di wilayah setempat. "Kita proteksi wilayah, agar penyebaran COVID-19 bisa terdeteksi dengan baik. Makanya kita lakukan sweeping dan membubarkan kegiatan pemancingan tersebut," kata Ketua BPD Pusaka Rakyat, Sulistiyo.

Kepala Desa Pusaka Rakyat, Abdul Wahid mengatakan, pihaknya juga membagikan sebanyak 5.000 masker kepada warga dan pengguna jalan di perbatasan wilayah Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi dan jalan raya di wilayah setempat.

PSBB Pemkab Bekasi Bagikan Masker dan Sweeping Pemancingan

"Pembagian masker dilakukan di lima dusun. Masing-masing Kepala Dusun (Kadus) fokus di wilayahnya masing-masing," ujar Abdul Wahid yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Desa Pusaka Rakyat.

Selain itu, kata Wahid pihaknya juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pembagian 1.000 hand sanitizer untuk lima dusun secara bertahap. "Setiap dusun dipastikan melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian 200 hand sanitizer," jelasnya.

Sekadar informasi, enam kecamatan yang akan diterapkan PSBB secara maksimal adalah Tambun Selatan (11 orang positif), Cibitung (1 orang positif), Cikaran Selatan (3 orang positif), Cikarang Barat (2 orang positif), Cikarang Utara (1 orang positif) dan Cikarang Pusat (1 orang positif).

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Laporkan COVID-19 Lewat Video Conference Call]


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.