PSBB Transisi Resmi Diperpanjang! Pemprov DKI Gandeng TNI dan Polri.jpg

Berita Kawasan

PSBB Transisi Resmi Diperpanjang! Pemprov DKI Gandeng TNI dan Polri

Pada 1 Juli 2020 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Masa Transisi yang seharusnya berakhir pada 2 Juli 2020. Dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut pengawasan ini diperpanjang dari hari ini sampai 16 Juli 2020 dengan Pemprov DKI yang akan bekerjasama dengan TNI dan Polri dalam penegakkan kebijakan mereka untuk terus mengantisipasi penularan COVID-19.

Perpanjangan PSBB pada masa transisi ini menurut Anies Baswedan tak terlepas dari hasil evaluasi terhadap fase pertamanya yang sudah diberlakukan sejak 5 Juni 2020. Dengan bantuan masukan para epidemiologis, kesehatan publik, dan fasilitas kesehatan dalam Gugus Tugas COVID-19 DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta pun memutuskan untuk memperpanjangnya dengan fokus pengawasan adalah di pasar serta di Kereta Rel Listrik (KRL).

PSBB Transisi Resmi Diperpanjang! Pemprov DKI Gandeng TNI dan Polri .jpg

“Pasar dan KRL saat ini jadi PR untuk dituntaskan. Pada kesimpulan pertemuan tadi secara umum kita perpanjang PSBB transisi 14 hari. Akan ada pengendalian di dua tempat tadi (pasar dan KRL),” ucap Anies di Balai Kota Jakarta, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (1/7/2020).

Menurut orang nomor satu di DKI Jakarta itu, pengetatan di pasar sebenarnya sudah mulai terlihat sejak PSBB Masa Transisi fase pertama. Dengan sekitar 19 pasar yang ditutup usai penemuan kasus pasien positif COVID-19. Pada kesempatan itu, Anies memaparkan berapa target pasar yang masuk ke dalam catatan mereka untuk diawasi ketat demi mengantisipasi pandemi penyakit yang disebabkan virus Corona jenis baru tersebut.

[Baca Juga: Homestay Kepulauan Seribu Bersiap dalam Penerapan PSBB Transisi]

“Pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya ada 153 pasar dan ada sekitar 150 pasar berbasis komunitas yang bukan dikelola Pemprov. Total 300-an pasar, ini semua akan diawasi secara ketat,” sebut Gubernur DKI Jakarta itu. Dengan kebijakan yang diambil di sini akan ada petugas yang berjaga di akses masuk pasar untuk menghitung jumlah pengunjung dan memastikan tidak melebihi 50 persen kapasitas tapi kebijakan ganjil-genap nomor toko ditiadakan.

Kemudian dalam target KRL, Pemprov DKI Jakarta akan bekerjasama dengan TNI, Polri, dan PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) demi memantau pengaturan penumpang yang berada di dalam KRL. Target KRL masuk dalam perpanjangan PSBB Masa Transisi dipicu pelanggaran jumlah kapasitas di dalam kereta sekitar 50 persen yang masih kerap terjadi.

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 month, 1 week lalu
    hanna56

    Ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....