Pembuatan Kebijakan Penghapusan Kekerasan Seksual Kian Mendesak

Kesehatan

Psikolog: Penderita Kekerasan Seksual pada Anak Sulit Sembuh

Kebebasan Saipul Jamil mengundang sorotan publik usai muncul atau mendapat panggung di stasiun televisi tanah air. Apalagi, mantan narapidana kekerasan seksual terhadap anak ini disambut seperti orang-orang berprestasi yang mengharumkan nama bangsa.

Saat bebas dari Lapas Cipinang, Kamis (6/9/2021), para fansnya memakaikannya kalung bunga di lehernya. Sembari tersenyum sumringah, Saipul melambaikan tangan dari dalam mobil. Alhasil, banyak masyarakat meminta agar Saipul Jamil diboikot, dengan berbagai alasan.

Psikolog asal Kota Medan Dra. Irna Minauli, MSi menyarankan, agar mantan narapidana pelaku kekerasan seksual terhadap anak harus mendapatkan pemantauan terus menerus.

“Seharusnya mereka tetap melapor pada kepolisian setempat guna mencegah terulangnya kejadian tersebut. Secara teoretis, seseorang dengan gangguan perilaku seksual akan melakukannya terus menerus,” kata Irna Minauli, (8/9/2021).

Pada dasarnya, lanjuta Direktur Minauli Consulting ini, orang dengan penyimpangan perilaku seksual sulit sembuh karena gangguan tersebut berkenaan dengan struktur otak seseorang.

irna-tanggapi-saipul-jamil.jpg

“Ketertarikan pada sesuatu objek yang dapat menimbulkan gairah seksualnya yang menyimpang. Kalau pada orang normal, ketertarikan diarahkan pada lawan jenis namun pada mereka yang mengalami gangguan perilaku seksual, ketertarikannya yang berbeda. Mungkin mereka lebih terangsang pada yang sejenis atau pada anak-anak. Oleh karena itu, perlu upaya keras dan sungguh-sungguh untuk dapat mengubah perilaku menyimpang tersebut,” jelasnya.

Pada banyak kasus pelecehan seksual terhadap anak, lanjutnya, umumnya pelaku pernah menjadi korban pada masa kanak-kanaknya. Karenanya, untuk mencegah terulangnya kasus tersebut, pemerintah Indonesia dapat meniru apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat melalui “The National Sex Offender Public Website” yang mencantumkan nama tempat dan pelaku di wilayah tersebut.

“Dengan demikian, orangtua atau para pencari kerja misalnya untuk guru sekolah, dapat lebih waspada terhadap para pelaku kekerasan seksual ini,” ujarnya.

[#R]

Dia juga mengaku heran atas sambutan mantan pelaku kekerasan seksual terhadap anak disambut bak pahlawan. “Makanya agak mengherankan ketika pelaku kekerasan seksual terhadap anak di Indonesia malah mendapat sambutan bak seorang pahlawan. Bayangkan, Amerika Serikat yang bersikap toleran terhadap LGBTQ namun bersikap sangat keras terhadap para pelaku kekerasan seksual terhadap anak,” tuturnya.

“LGBTQ+ atau Lesbian, Gay, Bisexual, Transexual, Queer. Plusnya termasuk panseksual dan Two Spirit. Sangat banyak variasinya. Tapi kesemuanya melibatkan orang dewasa dan berdasarkan kesepakatan. Sementara kekerasan seksual pada anak tetap dianggap sebagai suatu kejahatan besar,” sambungnya lagi.

Ditambahkannya, sudah saatnya Indonesia juga memiliki sistem yang dapat melindungi anak dari para pelaku kejahatan ini. “Mungkin dengan pelaku tetap melakukan kewajiban melapor pada polisi, minimal sebulan sekali. Jika kemudian tetap melakukannya maka hukumannya diperberat dengan kebiri sebagaimana yang pernah dicanangkan pemerintah,” demikian Irna Minauli.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.