PSONESIA, Aplikasi untuk Pastikan Penaganan Tepat Penyakit Psoriasis

Kesehatan

PSONESIA, Aplikasi untuk Pastikan Penanganan Tepat Penyakit Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi kulit autoimun kronis yang mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit, yang menyebabkan timbulnya bercak merah bersisik, tebal dan kering. Psoriasis dapat timbul pada kulit di bagian tubuh mana pun. Beberapa pasien juga merasa gatal, terbakar dan menyengat. Kondisi kulit tidak menular ini telah dialami sekitar 2 persen dari total populasi dunia.

“Saat ini, psoriasis banyak kita jumpai di masyarakat. Sayangnya bagi sebagian orang, mereka tidak menyadari bahwa mereka mengalami psoriasis. Walaupun psoriasis masih belum dapa sepenuhnya disembuhkan, tetapi dengan penanganan yang tepat, penyakit ini bisa dikendalikan kekambuhannya dengan baik,” menurut Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI) dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV dalam Kelas Media virtual bertema Psoriasis, Lebih dari Sekadar Penyakit Kulit yang berlangsung daring pada Kamis, 5 November 2020.

PSONESIA, Aplikasi untuk Pastikan Penaganan Tepat Penyakit Psoriasis

Lebih jauh dr. Endi menambahkan, “Psoriasis yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti radang sendi (Psoriasis Arthritis/PsA) dan sindrom metabolik.” PsA dapat terjadi pada sekitar 30% orang dengan psoriasis. Selain PsA, orang dengan psoriasis juga dapat memiliki berbagai penyakit penyerta lainnya seperti depresi, diabetes, dan penyakit jantung.

Pada kesempatan yang sama, turut diluncurkan PSONESIA (Psoriasis Indonesia). Sebuah aplikasi mobile yang ditujukan untuk membantu dokter dan pasien psoriasis di Indonesia dalam memonitor kondisi psoriasis. Beberapa fitur yang disajikan dalam aplikasi ini antara lain dapat membantu pasien mendapatkan informasi yang komprehensif seputar psoriasis, riwayat penyakit dan pengobatan yang telah mereka jalani, progres psoriasis pasien, membantu mengarahkan pasien kepada dokter spesialisterdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, serta fitur lainnya yang tidak kalah informatif.

[Baca Juga: 5 Langkah Atasi Kulit Terbakar Matahari]

Selain membantu pasien, aplikasi ini juga dapat memberikan gambaran lebih jelas bagi dokter terhadap tingkat psoriasis yang dimiliki pasien, membantu dokter menentukan tata laksana yang lebih baik terhadap pasien berdasarkan riwayat penyakit mereka, serta menyediakan informasi ilmiah untuk meningkatkan kapasitas dokter dalam menangani pasien psoriasis.

Aplikasi PSONESIA digagas oleh Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Indonesia (PERDOSKI), serta didukung oleh Novartis Indonesia.

“Setiap orang memiliki risiko yang sama terkena Psoriasis, baik wanita maupun pria. Untuk itu, menjadi sangat penting bagi seseorang yang memiliki masalah psoriasis, atau yang mengetahui apabila keluarganya memiliki riwayat penyakit Psoriasis, untuk dapat menyadari pemicunya," kata dr. Danang Tri Wahyudi, SpKK(K), FINSDV, FAADV.

[Baca Juga: Inilah Tanda dan Gejala Awal Terkena Penyakit Autoimun]

Dia menambahkan, pasien dengan Psoriasis perlu mendapatkan tata laksana yang adekuat, yang biasanya penatalaksanaannya bergantung pada seberapa banyak kulit yang terpengaruh, seberapa berat kondisinya, atau lokasi bercak kemerahan dan sisik, serta bersifat individual. Selain itu juga penting untuk mengubah gaya hidup untuk menjadi pola hidup bersih dan sehat

“Walaupun telah mendapatkan pengobatan oleh dokter, pasien dengan psoriasis juga harus mengubah dan menerapkan gaya hidup yang sehat untuk mendapatkan kualitas hidup yang optimal, antara lain menurunkan berat badan bagi yang berlebih; berhenti konsumsi alkohol; berhenti merokok; melakukan diet sehat; dan yang tidak kalah penting adalah berolahraga secara rutin,” ujar dr. Danang.

Tata Laksana Tepat

Dalam acara yang diselenggarakan Novartis Indonesia bermitra dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini ditekankan, penatalaksanaan Psoriasis yang efektif tidak hanya mengatasi gejala kulit tetapi juga dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit penyerta lainnya, seperti Psoriasis Arthritis, penyakit kardiovaskular (jantung), sindrom metabolik, dan masalah kesehatan mental.

“Novartis terus berupaya menjadi mitra aktif pemerintah dan para praktisi kesehatan dalam upaya meningkatkan sistem kesehatan di Indonesia. Sejalan dengan tujuan kami re-imagine medicine, kontribusi Novartis di Indonesia salah satunya diwujudkan melalui program Continuous Medical Education (CME), yang telah berhasil melatih lebih dari 10.000 dokter dari berbagai area spesialis, dalam 4 tahun terakhir,” kata Country Head of Public Affairs, Communications & Patient Advocacy Novartis Indonesia Hanum Yahya.

PSONESIA, Aplikasi untuk Pastikan Penaganan Tepat Penyakit Psoriasis

Hanum menambahkan, Selain program CME, melalui program peningkatan kesadaran (DAP) untuk berbagai penyakit, kami bermitra dengan organisasi pasien dan medis dalam mengedukasi masyarakat awam untuk meningkatkan kesadaran atas penyakit, ajakan untuk pemeriksaan dini serta taat pada tata laksana pengobatannya

“Guna membuka akses pasien terhadap obat-obatan inovatif, Novartis Indonesia telah mendaftarkan obat-obatan inovatif yang berdasarkan research and development dari berbagai terapeutik area ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional [JKN],” tutup Hanum.


Read More

Artikel Lainnya

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Test 2 years lalu
    test

    Ayo bergabung dengan qqharian.cc , banyak promo dan bonus menarik menanti anda , tunggu apa lgi , jadi lah bagian dari kami dan jadilah jutawan