taman parkourOK2.jpg

Berita Kawasan

PT. Marimas dan Pemkot Semarang Bangun Taman Parkour

Ada berita gembira bagi komunitas Parkour di Kota Semarang, PT Marimas Putera Kencana akan memberikan fasilitas tempat berlatih untuk para pegiat parkour di Kota Altas. Program ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Semarang yang berencana akan menambah ruang terbuka hijau (RPH) dengan membangun taman parkour. "Kami berterima kasih karena diberi kesempatan oleh Pemerintah Kota Semarang untuk membantu mempercantik Kota Semarang dan memfasilitasi anak-anak muda supaya ada tempat untuk kegiatan parkour," ujar CEO PT Marimas Harjanto Halim.

Pemkot Semarang memang memiliki rencana memperbanyak ruang terbuka hijau dengan pembangunan Taman yang bertujuan untuk memberi wadah bagi komunitas Parkour yang ada di kota Semarang untuk berlatih ditempat yang aman dan nyaman. Lokasi taman parkour ini nantinya berada di daerah Lamper dimana dana pembangunannya berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Marimas Putra Kencana dengan total biaya sebesar Rp300 juta.

taman parkourOK.jpg

Olahraga parkour yang sedang naik daun di kalangan anak muda Semarang ini memang belum memiliki tempat khusus untuk berlatih sehingga Pemkot Semarang merasa perlu membangun sebuah tempat latihan agar komunitas ini dapat menyalurkan hobinya secara optimal. "Alhamdulillah Pak Harjanto (CEO PT Marimas) memberikan CSR-nya untuk pembuatan Taman Parkour di Lamper Tengah," ujar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (22/10/2021).

Menurut rencana, taman parkour yang akan dibangun ini memiliki luas 500 meter persegi yang akan menjadi tempat bermain para pegiat parkour. Namun tak hanya bisa digunakan untuk berlatih parkour saja, komunitas lain seperti skate board atau inline skate yang ingin menggunakan taman parkour sebagai tempat latihan juga diperkenankan. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan para komunitas tersebut dapat menyalurkan hobi mereka tanpa mengganggu orang lain di jalan. "Anak anak muda bisa berkumpul untuk melakukan kegiatan yang positif," tambah Hendi sapaan akrabnya.

[Baca Juga: Fly To Sky, Melompat Bersama Komunitas Parkour Kota Semarang]

Aldiansa Respati selaku Presiden Komunitas Parkour Indonesia sangat mengapresiasi rencana pembangunan taman Parkour ini. Ia menyebut jika saat ini memang fasilitas untuk berlatih Parkour masih sangat jarang sehingga para pegiat Parkour sering kesulitan mencari tempat yang aman untuk berlatih. “Selain itu, taman ini bisa makin mengakrabkan antar anggota di tempat khusus untuk berlatih. Bisa sekaligus tempat berkumpul, untuk saling kegiatan sharing," tutur Aldi.

Parkour SemarangOK.jpg

Perlu diketahui jika Parkour sendiri berasal dari bahasa Perancis yang dapat diartikan sebagai aktivitas yang bertujuan untuk melewati rintangan dengan efisien dan secepat-cepatnya dengan hanya menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Parkour bertujuan untuk melatih efisiensi gerakan untuk membentuk badan dan pikiran seseorang sehingga dapat menghadapi rintangan-rintangan dalam kondisi bahaya.

Parkour diperkenalkan oleh pria berkebangsaan Prancis bernama David Belle dan akhirnya menyebar ke dataran eropa hingga kini ke seluruh dunia. Ia terinspirasi dari sang ayah Raymond Belle yang merupakan seorang tentara Prancis yang memperkenalkannya pada sebuah latihan halang rintang dengan metode natural yang kini dikenal dengan nama Parkour. Sejak itu, David mulai berlatih meloloskan diri dari situasi yang sulit. David menilai jika martial art kerap disebut sebagai bentuk latihan untuk fight (bertarung) maka parkour adalah jenis latihan untuk flight (kabur).


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.