PTKM, Pemkot Yogyakarta Atur Jam Pelayanan Puskesmas dan Pengerahan Satpol PP.jpg

Berita Kawasan

PTKM, Pemkot Yogyakarta Atur Jam Pelayanan Puskesmas dan Pengerahan Satpol PP

Pemerintah pusat sudah memutuskan untuk mulai memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM sejak 11 Januari 2021 kemarin yang diberlakukan di wilayah Jawa-Bali. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta juga turut memberlakukan kebijakan tersebut tapi dengan istilah yang berbeda, yaitu Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) yang disebut disesuaikan dengan kearifan lokal. Selama PTKM diterapkan, Pemkot Yogyakarta telah mengatur sejumlah hal seperti jadwal puskesmas hingga menurunkan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan pemantauan di lapangan.

Seperti PPKM, kebijakan PTKM berlaku hingga 25 Januari 2021 dan bagi masyarakat yang ingin berobat ke puskesmas harus mencatat jadwalnya karena terdapat perubahan. Di mana jadwal layanannya kurang dari setengah hari! Dengan jadwal Senin-Kamis di pukul 07.30-10.30 WIB, Jumat pada pukul 07.30-09.30 WIB, dan di hari Sabtu pukul 07.30-10.00 WIB.

PTKM, Pemkot Yogyakarta Atur Jam Pelayanan Puskesmas dan Pengerahan Satpol PP .jpg

“Semua layanan poli tetap dibuka hanya perubahan jam layanan saja, dan tidak ada pembatasan kuota harian yang penting masih di jam pendaftaran,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani, sebagaimana dikutip dari warta.jogjakota.go.id (11/1/2021). Jadwal ini juga disebut berlaku untuk hal-hal yang berhubungan dengan kedaruratan dan bila sudah tutup maka puskesmas mengalihkannya ke 119.

Pembatasan jadwal ini juga disebut akan mengurangi jumlah pasien yang datang ke puskesmas selama PTKM. Contohnya adalah Puskesmas Gedongtengen yang berlokasi di Jalan Pringgokusuman No.30, Kecamatan Gedongtengen. Berdasarkan keterangan Kepala Puskesmas Gedongtengen Tri Kusumo Buwono, pada hari pertama PTKM, jumlah pasien yang datang hanya sekitar 80 orang sedangkan pada hari biasa pasien yang berobat bisa mencapai angka 100 hingga 150 orang.

[Baca Juga: Waktu Operasional Pusat Belanja Surabaya Masa PPKM Hingga Jam 8 Malam]

Pemkot Yogyakarta juga telah mengerahkan anggota Satpol PP ke wilayah Kota Gudeg demi memantau penerapan PTKM. Di mana mereka bertugas untuk memastikan Surat edaran Wali Kota Yogyakarta terkait PTKM benar-benar ditaati masyarakat, seperti pembatasan aktivitas perkantoran dengan maksimal 50 persen pegawai saja yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kemudian jam operasional usaha yang esensial dengan kebutuhan masyarakat hingga pukul 19.00 WIB. Jam operasional pengusaha kuliner juga hanya sampai pukul 19.00 WIB dengan kapasitas pengunjungnya hanya 25 persen.

Selain itu, petugas Satpol PP juga bergerak di lapangan untuk memastikan masyarakat menjalankan 5M yang terdiri dari Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun, Membatasi mobilitas, dan Menjauhi kerumunan atau keramaian. Bila dilanggar maka petugas akan langsung menjatuhkan sanksi dan hal ini juga turut berlaku kepada para pengusaha.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 1 week, 1 day lalu
    emma

    Hobi bermain slot online, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback 100%, kekalahan petama di ganti 100% disini anda dapat meraih kemenangan pada kesempatan kedua sesuai modal pertama anda, cek promosi bisa disini: https://biolinky.co/linkpromo

  • Anisa 1 week, 1 day lalu
    anisa

    Selamat Kepada Member Kami QQHarian User ID = RO***** bermain Slot Game Online Indonesia Terpopuler. Telah Memenangkan dengan total PULUHAN JUTA RUPIAH Dan DI BAYAR LUNAS langsung dengan proses cepat ( maks. 3 menit ) & Aman. Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : => > > > ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) => > > https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) => > http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )