IMG_08112021_084240_(1100_x_600_piksel).jpg

Pendidikan

PTM Aman di Medan Jika Vaksinasi Dipercepat dan Prokes Diperketat

Protokol kesehatan (Prokes) harus dijalankan dengan penuh disiplin, sedangkan vaksinasi berperan untuk meminimalkan terjadinya penyebaran COVID-19,” kata Pengamat Pendidikan Kota Medan Dr Hj Fitriani Manurung MPd kepada wartawan di Medan (7/11/2021).

Menurutnya, mempercepat vaksinasi dan memperketat protokol kesehatan dinilai sebagai salah satu kunci untuk memberi rasa aman terhadap para guru dan pelajar pada saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM). “Semakin tinggi angka vaksinasi, maka semakin aman proses PTM. Prokes harus dijalankan dengan penuh disiplin,” tegasnya.

Dia menyebutkan, vaksin tidak serta merta membuat kebal dan berkemungkinan terpapar COVID-19. Apalagi mutasi virus masih terus berlangsung. “Oleh karenanya, vaksinasi harus selalu diikuti dengan pelaksanaan prokes 3M yang ketat untuk mengantisipasinya,” jelasnya.

PTM Aman di Medan Jika Vaksinasi Dipercepat dan Prokes Diperketat

Dia melanjutkan, sekolah merupakan tempat membangun budaya. Apalagi di tengah pandemi ini, prokes 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) merupakan budaya baru yang harus dijalankan.

Melalui prokes 3M yang ketat dan disiplin, budaya sehat dan aman, senantiasa tumbuh di benak anak-anak.

“Mereka akan menjadi terbiasa dan terlatih untuk menjaga kesehatan dan keselamatan dirinya masing-masing. Apalagi kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir. Semakin baik menjalankan prokes 3M, maka roda kehidupan bisa berjalan dan ekonomi bergulir, pendidikan berlangsung, masyarakat terbantu serta anak-anak bisa mendapatkan pendidikan,” jelasnya.

Kendati demikian, tambahnya, penerapan dan pelaksanaan prokes 3M di sekolah membutuhkan pengawasan baik secara internal dan eksternal sekolah. “Keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan prokes di sekolah juga menjadi kunci penting untuk memastikan sekolah aman dan sehat,” jelasnya.

[Baca Juga: Mendikbud Ristek Nadiem Makarim Tinjau PTM di Kota Medan]

Terpisah, Rafi, siswa SMA 2 Kota Medan saat dimintai komentarnya tentang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan Prokes yang ketat serta vaksinasi untuk kalangan pelajar, mendukung kebijakan tersebut.

“Vaksin membantu imun kita naik. Prokes suatu kebiasaan yang harus dijalankan. Kalau keduanya sudah dilaksanakan, mudah-mudahan terhindar dari COVID-19. Karena kita disuruh untuk budaya hidup sehat,” tutur siswa kelas IX ini.

Dia mengajak para pelajar khususnya di Kota Medan untuk disiplin protokol kesehatan, dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. “Bayangkan kalau kita terus belajar daring dan tidak saling kenal secara tatap muka. Lagian saya sudah rindu untuk sekolah dan memakai seragam,” ujarnya.


Read More

SMA Negeri 2 Medan

Sekolah Menengah Atas

None
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.