PTM SD Tahap 2 Kota Tangerang Dimulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

PTM SD Tahap 2 Kota Tangerang Dimulai Hari Ini

Dengan situasi pandemi COVID-19 yang semakin membaik dan hasil assesment Pembelajaran Tatap Muka atau PTM terbatas di Kota Tangerang, pihak pemerintah kota (Pemkot) memutuskan untuk memulai PTM Tahap 2 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) pada pekan ini. Di mana Pemkot Tangerang pada 1 November 2021 memutuskan mengizinkan 180 SD di wilayahnya untuk menerapkan PTM terbatas. Walau sudah memberikan lampu hijau ini, pihak Pemkot Tangerang tetap memberikan catatan kepada pihak sekolah.

Kabar mengenai dibukanya kembali sekolah ini disampaikan Pemkot Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang. Dengan pihak Disdik Kota Tangerang yang tidak secara sepihak langsung memberikan izinnya begitu saja tapi telah melalui proses assesment, pengecekan protokol kesehatan, dan poin terpenting, yakni memastikan orangtua dan para pelajar telah menerima dosis vaksinasi COVID-19.

PTM SD Tahap 2 Kota Tangerang Dimulai Ha ri Ini.jpg

“Maka, 180 SD ini telah ditetapkan atau diperbolehkan menggelar PTM terbatas di tahap 2 ini. Totalnya 225 SD dari 448 sekolah di Kota Tangerang telah PTM terbatas,” ungkap Kepala Bidang SD Disdik Kota Tangerang Helmiati, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (31/10/2021).

Dengan pembukaan PTM Terbatas Tahap 2 untuk SD ini, Pemkot Tangerang juga memiliki catatannya sendiri. Di mana salah satu pemandangan yang paling sering terjadi saat PTM Terbatas tingkat SD perdana pekan kemarin adalah banyaknya siswa-siswi yang terlihat masih tegang atau cenderung ketakutan. Hal ini dipandang Disdik Kota Tangerang lumrah, karena mereka belum terbiasa dengan keadaan protokol kesehatan ketat yang harus diterapakan di sekolah.

[Baca Juga: PTM Terbatas di Puluhan SD Kota Tangerang Siap Digelar Pekan Depan]

Melihat situasi ini, Helmiati menitipkan pesan agar guru serta kepala sekolah dalam PTM Terbatas SD Tahap 2 ini dapat membuat suasana di sekolah terasa lebih menyenangkan. Ia menyarankan, ini bisa ditangani dengan cara pemutaran lagu di speaker sekolah atau melakukan kegiatan senam serta bernyanyi bersama sewaktu-waktu guna mencairkan suasana.

Kondisi siswa-siswi yang mengalami gugup saat PTM Terbatas SD Tahap 2 pada hari ini bisa terlihat di salah satu sekolah dasar yang berlokasi di Kecamatan Karang Tengah, tepatnya di SDN Karang Tengah 10. Di mana para pelajar terasa canggung ketika mereka baru masuk gerbang sekolah setelah lebih dari satu tahun, mereka belajar secara daring. Apalagi mereka wajib dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu dan mencuci tangan dengan sabun sembari diperhatikan oleh para guru secara seksama.

“Awalnya murid-murid kelas 6 canggung, kalau guru senang karena akhirnya bisa menyampaikan materi pelajaran secara langsung sehingga lebih mudah terserap. Tapi pas mulai pembelajaran di kelas, anak-anak mulai enggak tegang,” ungkap salah satu guru di SDN Karang Tengah 10 Neneng Kurnia Asih kepada PingPoint.co.id (1/11/2021).


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.