PTM Terbatas di Kota Tangerang Kembali Digelar Hari Ini.jpg

Pendidikan

PTM Terbatas di Kota Tangerang Kembali Digelar Hari Ini

Situasi lonjakan kasus pandemi COVID-19 akibat varian Omicron yang sempat melonjak di Januari dan Februari 2022 memicu dihentikannya kebijakan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM Terbatas di tingkat jenjang pendidikan TK hingga SMP. Di mana para pelajar akhirnya kembali belajar di kelas daring melalui metode Pembelajaran Jarak Jauh. Masuk ke pekan kedua di bulan Maret 2022 dan melihat kondisi pandemi COVID-19 yang dipandang semakin terkendali, mulai hari ini kebijakan PTM Terbatas kembali diterapkan di Kota Tangerang.

Kebijakan ini diumumkan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Langkah tersebut diambil usai proses pengkajian serta pengaturan mengenai bagaimana sistem PTM Terbatas yang akan diterapkan mulai 7 Maret 2022 ini. Utamanya dari sisi kapasitas serta kelas disebut akan berbeda bila dibandingkan PTM Terbatas 100 persen yang sempat diterapkan beberapa bulan lalu sebelum dihentikan sementara.

PTM Terbatas di Kota Tangerang Kembali Digelar Hari In i.jpg

“Atas rekomendasi Dinas Kesehatan dan sejumlah lembaga lainnya, tak terkecuali Walikota Tangerang, maka pekan depan PTM Terbatas akan kita buka kembali pada tingkat SD dan SMP. Namun masih terbatas hanya 50 persen saja,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (4/3/2022).

Selain dari sisi kapasitasnya, perbedaan PTM Terbatas yang mulai diterapkan pada hari ini adalah sisi peserta siswanya. Karena baik itu sekolah negeri atau swasta, pelajar yang ikut PTM Terbatas pada tahap penerapan awal ini hanyalah mereka yang duduk di bangku kelas 6 SD dan 9 SMP. Di mana satu pekan sebelum dimulainya PTM Terbatas di Kota Tangerang, Dinas Pendidikan sudah mengerahkan timnya ke sekolah-sekolah demi memastikan semua persiapan untuk menyambut kembali para pelajar ke kelas sekaligus melindungi mereka dari potensi paparan COVID-19.

[Baca Juga: Arief Tinjau Penerapan PTM Terbatas 100 Persen di Kota Tangerang]

Jamaluddin mengungkapkan, dari sisi peninjauan timnya diketahui bahwa semua sekolah yang akan menerapkan PTM Terbatas sudah dibersihkan serta desinfeksi sebelum para pelajar mulai datang ke sekolah. Kemudian dari sistem aturannya sendiri, disebut masih sama dengan kebijakan sebelumnya. Dari mulai kantin tidak boleh beroperasi dengan siswa yang wajib membawa bekal sendiri dan memastikan untuk rutin cuci tangan dengan sabun serta selalu menggunakan masker selama PTM Terbatas. Kemudian usai jam pelajaran berakhir, para pelajar diwajibkan untuk langsung pulang ke rumah.

Karena hari ini merupakan momen perdana PTM Terbatas kembali diterapkan di Kota Tangerang maka Dinas Pendidikan akan melakukan pengawasan secara seksama. Mengingat evaluasi akan dilakukan selama satu pekan dan nanti akan dilakukan penilaian apakah PTM Terbatas di Kota Tangerang aman untuk diteruskan atau tidak. Jika memang dinilai aman maka jumlah kelas yang menerapkan PTM Terbatas di sekolah akan mulai ditambah secara bertahap dengan sistem bergilir.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.