Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat

Kesehatan

Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat

Puasa berselang (atau puasa selang sehari) telah menjadi pola makan populer di Inggris. Mereka menjalankan bukan karena menjalankan ibadah bulan Ramadan seperti mayoritas warga Muslim di Indonesia. Tradisi tersebut berdasarkan tradisi nenek moyang zaman masa berburu.

Mereka percaya sel-sel tubuh nenek moyang zaman tersebut dapat berfungsi baik dalam kondisi kenyang maupun lapar. Mereka mungkin merupakan ahli puasa, karena mampu memanjakan diri dengan makanan di satu waktu, dan menghadapi periode langka makanan di waktu lain.

Kelompok mahasiswa riset dan kedokteran menuliskan artikel yang menarik di theconversation.com (6/5/2019). Douglas Bennion, Martin Wegman, dan Michael Guo dari University of Florida ingin mengetahui apakah puasa menyebabkan sel kita bertambah tangguh terhadap kerusakan akibat hilangnya berat badan. Serta, apakah manfaat ini muncul dari stres sementara yang ditimbulkan puasa terhadap sel tubuh kita?

[Baca Juga: Jelang Ramadan Ketahanan Pangan Dimonitoring TPID-DKI]

Para ilmuwan telah bertahun-tahun melihat kemungkinan manfaat kesehatan dari pembatasan kalori. Sebuah teori terkenal mengatakan manfaat kesehatan ini ada kaitannya dengan penurunan gula darah akibat puasa, yang mendorong sel tubuh kita bekerja lebih keras untuk memanfaatkan bentuk lain dari energi.

Monyet Rhesus yang hanya makan 70 persen asupan kalori normal mereka, terbukti berumur lebih panjang dan jauh lebih sehat pada usia tua. Manfaat anti-penuaan ini juga terlihat pada binatang yang diberi pola makan puasa berselang. Baru-baru ini, para ilmuwan juga menemukan dampak yang mirip pada manusia.

Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat

Cegah Kerusakan Sel

Satu cara sel kita bisa rusak adalah ketika terpapar stres oksidatif. Dan mencegah atau memperbaiki kerusakan sel dari stres oksidatif amat berguna melawan penuaan. Stres ini terjadi ketika terdapat produksi radikal bebas seperti spesies oksigen reaktif yang lebih tinggi dari biasanya. Molekul tak stabil ini membawa elektron yang sangat reaktif.

Menurut ketiga mahasiswa tersebut, antioksidan bekerja dengan cara mentransfer elektron yang diperlukan guna menstabilkan radikal bebas sebelum mereka dapat merusak. Puasa sepertinya dapat membantu sel kita melawan kerusakan akibat proses ini. Tetapi belum jelas persisnya bagaimana.

[Baca Juga: Puasa Senin Kamis Ternyata Bisa Membuat Tubuh Sehat]

Radikal bebas dapat dihasilkan dari mitokondria (penghasil tenaga bagi sel) yang berfungsi jelek. Ketika kita berpindah antara puasa dan makan normal, sel kita mengalami penurunan kadar glukosa (gula darah) sementara, sehingga mereka dipaksa mencari sumber energi lain yang tersedia, seperti asam lemak.

Hal ini dapat menyebabkan sel untuk menyalakan proses bertahan hidup untuk membuang mitokondria yang tak sehat, dan menggantinya dengan mitokondria sehat, sehingga mengurangi produksi radikal bebas dalam jangka panjang.

Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat

Puasa Perangi Penuaan?

Untuk memahami bagaimana puasa mungkin membuat sel bertambah kuat, para peneliti ini merekrut 24 orang dan meminta mereka berpuasa berselang selama dua periode, masing-masing tiga pekan. Pada periode pertama, mereka diberi pola makan yang dirancang khusus. Sementara pada periode kedua, mereka diberi pola makan yang sama ditambah suplemen Vitamin C dan Vitamin E, yang keduanya antioksidan.

Karena penelitian ini menitikberatkan pada dampak puasa terhadap sel (bukan penurunan berat badan), maka para peserta memakan 175 persen asupan kalori normal mereka pada hari biasa, dan 25 persen asupan normal pada hari puasa untuk mencegah berat badan mereka berkurang.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa akibat berpuasa berselang, sel tubuh memproduksi lebih banyak gen bernama SIRT3, sebagai bagian dari upaya pencegahan produksi radikal bebas dan peningkatan proses perbaikan sel. Dua hal yang memiliki kontribusi besar dalam mencegah penuaan dini.

Dengan berbagai manfaat tersebut, semoga Anda semakin bersemangat menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadan ini. Selamat berpuasa!

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.