Manfaatkan sosial media

Pendidikan

Puasa Media Sosial di Tahun Baru

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengawali tahun baru. Mulai dari bepergian ke tempat wisata hingga mengadakan pesta. Namun, tak sedikit pula yang memilih untuk tidak berlibur atau hanya di rumah saja.

Saat tidak melakukan aktivitas, melihat media sosial di telepon pintar menjadi teman setia. Akan tetapi, hal itu tidaklah selalu menyenangkan. Pasalnya, ketika itu dilakukan lambat laun akan membuat risih karena melihat unggahan foto maupun video orang yang sedang berlibur.

Guna menghindari rasa iri hati akan hal tersebut, ada baiknya berpuasa media sosial. Dengan puasa media sosial, akan membuat hidup rileks dan memiliki waktu berkualitas. Nah, berikut ini PingPoint.co.id mencoba mengkomplikasikan cara yang bisa dilakukan untuk puasa media sosial.

[Baca Juga: Ajarkan Etika Bermedia Sosial Untuk Anak? Ikuti 6 Langkah Ini]

Bersosialisasi Dalam Dunia Nyata

Dalam penggunaannya, media sosial juga dipakai untuk bersosialisasi. Akan tetapi, cobalah untuk mengganti waktu yang terpakai saat berselancar di medi sosial dengan bersosialisasi dengan dunia nyata.

Kesempatan untuk bertukar cerita dan menanyakan kabar tidak hanya berarti fokus pada media sosial. Hal itu bisa dilakukan dengan mengajak ngobrol anggota keluarga ataupun berinteraksi dengan tetangga.

Fokus Pada Diri Sendiri

Pernahkah terfikirkan untuk fokus pada diri sendiri dibandingkan selalu melihat unggahan orang lain? Jika ya, coba untuk melakukan ragam kegiatan yang tertunda. Seperti halnya melakukan hobi yang disenangi, membersihkan rumah, hingga berolahraga.

Membuat Jadwal

Jika memang ada informasi penting yang harus dipantau, tidak ada salahnya untuk mengatur jadwal. Tentukan kapan dan berapa lama durasi untuk memeriksa mengecek email masuk. Ini dilakukan untuk menghindari berselancar di media sosial. Setelah selesai, akan lebih baik untuk log out agar tak tergoda mengecek notifikasi yang masuk. Hal ini juga berlaku untuk semua media sosial yang kamu miliki.

[Baca Juga: Time Management sebagai Resolusi Tahun Baru 2019]

Utamakan Menelepon

Seperti halnya mengatur jadwal, mengutamakan menelepon lebih baik daripada chatting. Selain untuk tidak membuang waktu berselancar di media sosial, menelepon bisa memperbaiki kaidah saat berkomunikasi. Seperti diketahui, biasanya dalam chatting terbawa suasana berbahasa yang kurang sopan. Dengan begitu, cobalah mengutamakan menelepon.

Hapus Aplikasi Sementara

Selain mengatur jadwal, bisa dikatakan ini merupakan cara terampuh untuk puasa media sosial. Agar tidak terganggu dengan notifikasi, itu bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi media sosial sementara waktu. Jika dirasa cukup lama puasa media sosial, aplikasi media sosial itu bisa diunduh kembali.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.