Manfaatkan sosial media

Pendidikan

Puasa Media Sosial di Tahun Baru

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengawali tahun baru. Mulai dari bepergian ke tempat wisata hingga mengadakan pesta. Namun, tak sedikit pula yang memilih untuk tidak berlibur atau hanya di rumah saja.

Saat tidak melakukan aktivitas, melihat media sosial di telepon pintar menjadi teman setia. Akan tetapi, hal itu tidaklah selalu menyenangkan. Pasalnya, ketika itu dilakukan lambat laun akan membuat risih karena melihat unggahan foto maupun video orang yang sedang berlibur.

Guna menghindari rasa iri hati akan hal tersebut, ada baiknya berpuasa media sosial. Dengan puasa media sosial, akan membuat hidup rileks dan memiliki waktu berkualitas. Nah, berikut ini PingPoint.co.id mencoba mengkomplikasikan cara yang bisa dilakukan untuk puasa media sosial.

[Baca Juga: Ajarkan Etika Bermedia Sosial Untuk Anak? Ikuti 6 Langkah Ini]

Bersosialisasi Dalam Dunia Nyata

Dalam penggunaannya, media sosial juga dipakai untuk bersosialisasi. Akan tetapi, cobalah untuk mengganti waktu yang terpakai saat berselancar di medi sosial dengan bersosialisasi dengan dunia nyata.

Kesempatan untuk bertukar cerita dan menanyakan kabar tidak hanya berarti fokus pada media sosial. Hal itu bisa dilakukan dengan mengajak ngobrol anggota keluarga ataupun berinteraksi dengan tetangga.

Fokus Pada Diri Sendiri

Pernahkah terfikirkan untuk fokus pada diri sendiri dibandingkan selalu melihat unggahan orang lain? Jika ya, coba untuk melakukan ragam kegiatan yang tertunda. Seperti halnya melakukan hobi yang disenangi, membersihkan rumah, hingga berolahraga.

Membuat Jadwal

Jika memang ada informasi penting yang harus dipantau, tidak ada salahnya untuk mengatur jadwal. Tentukan kapan dan berapa lama durasi untuk memeriksa mengecek email masuk. Ini dilakukan untuk menghindari berselancar di media sosial. Setelah selesai, akan lebih baik untuk log out agar tak tergoda mengecek notifikasi yang masuk. Hal ini juga berlaku untuk semua media sosial yang kamu miliki.

[Baca Juga: Time Management sebagai Resolusi Tahun Baru 2019]

Utamakan Menelepon

Seperti halnya mengatur jadwal, mengutamakan menelepon lebih baik daripada chatting. Selain untuk tidak membuang waktu berselancar di media sosial, menelepon bisa memperbaiki kaidah saat berkomunikasi. Seperti diketahui, biasanya dalam chatting terbawa suasana berbahasa yang kurang sopan. Dengan begitu, cobalah mengutamakan menelepon.

Hapus Aplikasi Sementara

Selain mengatur jadwal, bisa dikatakan ini merupakan cara terampuh untuk puasa media sosial. Agar tidak terganggu dengan notifikasi, itu bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi media sosial sementara waktu. Jika dirasa cukup lama puasa media sosial, aplikasi media sosial itu bisa diunduh kembali.


Read More

Artikel Lainnya

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.