KEBON JERUK-KESEHATAN-PUASA SENIN KAMIS TERNYATA BISA MEMBUAT TUBUH SEHAT-YAKUB-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Puasa Senin Kamis Ternyata Bisa Membuat Tubuh Sehat

Meski identik dengan ibadah, namun penganut jenis puasa ini telah banyak dilakukan masyarakat sebagai bagian dari kebiasaan.

Bahkan, puasa pada hari Senin dan Kamis juga sering digunakan masyarakat yang sedang menjalani program diet. Program diet semacam ini juga punya nama sendiri. Dilansir dari Evening Standard (8/1/2019), mereka yang menjalani diet 5:2 atau diet longo dituntut untuk mengurangi separuh kalori pada hari puasa. Itu sama saja dengan tidak makan siang dan hanya menikmati santapan ketika sahur dan berbuka puasa.

[Baca Juga: Diet Jadi Resolusi Tahun Baru 2019? Ini Tips Mewujudkannya]

Menurut penelitian Michael Mosley yang menciptakan buku The Fast Diet, cara diet terbaik dan terkuat untuk diet ialah dengan berpuasa. Berikut tiga manfaat yang bisa diperoleh dari berpuasa Senin dan Kamis.

1. Mengurangi Potensi Serangan Jantung

Puasa Senin dan Kamis banyak dianjurkan oleh praktisi kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan British Journal of Medicine pada 2010, menjalankan puasa Senin dan Kamis akan mengalami penurunan tekanan darah sistolik. Umumnya, tekanan sistolik merupakan angka pertama dalam format penulisan angka tekanan darah.

Penurunan sistolik ini berpengaruh langsung dalam mengurangi tekanan pada arteri dan menghindari potensi serangan jantung. Justru jika Anda tidak menjalani puasa Senin dan Kamis, tekanan darah sistoliknya meningkat hingga dua persen.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Bukan hanya bisa menurunkan berat badan dan mengurangi potensi gejala jantung, penelitian Laboratory of Neurosciences National Institute of Aging mengatakan, puasa bisa meningkatkan kinerja otak.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

Dengan berpuasa, seseorang akan mampu meningkatkan ingatan, keadaan pikiran, dan emosi. Ia membuktikan bahwa dengan membatasi makan bisa melindungi otak manusia dari penyakit alzhemier dan Parkinson yang memburuk seiring waktu.

3. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Tubuh manusia yang menjalani puasa rutin akan mengalami penurunan kadar gula darah hingga 5-6 persen. Maka, bisa dikatakan puasa Senin dan Kamis secara rutin dapat melindungi ginjal dari kerusakan dan terhindar dari komplikasi diabetes.

Selain memiliki manfaat spiritual, berpuasa Senin dan Kamis bisa dapat membantu Anda memiliki tubuh sehat. Karena berpuasa bukan hanya soal menahan nafsu lapar dan haus. Lebih dari itu, berpuasa bisa memberikan keuntungan berlipat bagi kesehatan Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.