Pulau Karya Ternyata Jadi Lokasi Penentu Awal Ramadan

Berita Kawasan

Pulau Karya Ternyata Jadi Lokasi Penentu Awal Ramadan

Pulau Karya yang berada di Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara ternyata tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata, namun juga menjadi salah satu lokasi penentu Rukyatul Hilal. Rukyatul Hilal adalah aktivitas mengamati bulan secara langsung di kaki langit. Jika dalam pemantauan tersebut bulan sudah berbetuk sabit, hal itu menandakan umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa sehari setelahnya sebagaimana dilansir pulauseribu.jakarta.go.id (6/5/2019).

Penentuan awal bulan Ramadan 1440 H di Pulau Karya dilakukan pihak Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) atau JIC, dan dibantu tim dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), serta didukung oleh Kementerian Agama DKI Jakarta, Pengadilan Agama Jakarta Utara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Agama Kepulauan Seribu.

[Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Sejarah di Kepulauan Seribu]

Pemilihan Pulau Karya sebagai tempat Rukyatul Hilal berdasarkan hasil riset lapangan yang melibatkan para pakar, peneliti falakiyah, astronomi dari Kementerian Agama RI, Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) Pusat dan dari JIC sejak tahun 2015 sebagaimana dirilis nu.or.id (2/5/2019). Sehingga pada 5 Mei 2019, tim profesional JIC dan yang lainnya berkunjung ke Pulau Karya untuk menentukan awal bulan Ramadan.

Sekilas mengenai Pulau Karya, pulau ini memiliki luas sekitar 6 hektar. Pulau yang tidak berpenduduk ini ditopang dua pulau permukiman, yaitu Pulau Pramuka dan Pulau Panggang yang jaraknya bisa ditempuh sepuluh menit menggunakan kapal ojek.

[Baca Juga: Kegiatan Safari Ramadan Dilaksanakan Pemkot Jakarta Utara]

Meskipun tidak berpenduduk, Pulau Karya tetap memiliki Kantor Polisi, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, Kantor Kodim, Pos Damkar, serta dermaga bagi para wisatawan atau penduduk yang ingin berkunjung.

Dermaga di Pulau Karya biasanya dimanfaatkan penduduk atau wisatawan untuk mengunjungi pulau ini yang memiliki destinasi wisata menarik, seperti pantai yang jernih dan pasir putih, lokasi sunset, spot memancing di area dermaga, bahkan area camping yang luas.

Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Pulau Karya? Bila sudah memasuki musim liburan, atau bahkan libur Lebaran bisa Anda manfaatkan untuk berlibur ke Pulau Karya. Agar Anda tahu bagaimana tempat yang menjadi salah satu lokasi penentuan Rukyatul Hilal yang memiliki daya tarik wisata bahari ini.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.