Pulau Karya Ternyata Jadi Lokasi Penentu Awal Ramadan

Berita Kawasan

Pulau Karya Ternyata Jadi Lokasi Penentu Awal Ramadan

Pulau Karya yang berada di Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara ternyata tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata, namun juga menjadi salah satu lokasi penentu Rukyatul Hilal. Rukyatul Hilal adalah aktivitas mengamati bulan secara langsung di kaki langit. Jika dalam pemantauan tersebut bulan sudah berbetuk sabit, hal itu menandakan umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa sehari setelahnya sebagaimana dilansir pulauseribu.jakarta.go.id (6/5/2019).

Penentuan awal bulan Ramadan 1440 H di Pulau Karya dilakukan pihak Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) atau JIC, dan dibantu tim dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), serta didukung oleh Kementerian Agama DKI Jakarta, Pengadilan Agama Jakarta Utara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Agama Kepulauan Seribu.

[Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Sejarah di Kepulauan Seribu]

Pemilihan Pulau Karya sebagai tempat Rukyatul Hilal berdasarkan hasil riset lapangan yang melibatkan para pakar, peneliti falakiyah, astronomi dari Kementerian Agama RI, Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) Pusat dan dari JIC sejak tahun 2015 sebagaimana dirilis nu.or.id (2/5/2019). Sehingga pada 5 Mei 2019, tim profesional JIC dan yang lainnya berkunjung ke Pulau Karya untuk menentukan awal bulan Ramadan.

Sekilas mengenai Pulau Karya, pulau ini memiliki luas sekitar 6 hektar. Pulau yang tidak berpenduduk ini ditopang dua pulau permukiman, yaitu Pulau Pramuka dan Pulau Panggang yang jaraknya bisa ditempuh sepuluh menit menggunakan kapal ojek.

[Baca Juga: Kegiatan Safari Ramadan Dilaksanakan Pemkot Jakarta Utara]

Meskipun tidak berpenduduk, Pulau Karya tetap memiliki Kantor Polisi, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, Kantor Kodim, Pos Damkar, serta dermaga bagi para wisatawan atau penduduk yang ingin berkunjung.

Dermaga di Pulau Karya biasanya dimanfaatkan penduduk atau wisatawan untuk mengunjungi pulau ini yang memiliki destinasi wisata menarik, seperti pantai yang jernih dan pasir putih, lokasi sunset, spot memancing di area dermaga, bahkan area camping yang luas.

Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Pulau Karya? Bila sudah memasuki musim liburan, atau bahkan libur Lebaran bisa Anda manfaatkan untuk berlibur ke Pulau Karya. Agar Anda tahu bagaimana tempat yang menjadi salah satu lokasi penentuan Rukyatul Hilal yang memiliki daya tarik wisata bahari ini.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.