Puluhan Anak Nikmati Atraksi Flying Fox saat HBKB di Jalan Gajah Mada

Berita Kawasan

Puluhan Anak Nikmati Atraksi Flying Fox saat HBKB di Jalan Gajah Mada

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) diadakan sebagai salah satu solusi meningkatkan kualitas udara di Jakarta yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pelaksanaan HBKB tidak hanya di ruas Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, melainkan juga diperluas hingga ke tingkat kota.

Menariknya, kegiatan HBKB pada tanggal 21 April 2019 diramaikan dengan digelarnya atraksi flying fox di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat. Atraksi flying fox diselengarakan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkamat) Jakarta Barat memang untuk meramaikan kegiatan HBKB di Jakarta Barat sebagaimana dikatakan Petugas Gulkarmat Kecamatan Taman Sari Supriyono dalam lansiran beritajakarta.id (21/4/2019).

[Baca Juga: 56 Siswa TK di Jakarta Timur Dikenalkan Profesi Pemadam Kebakaran]

Puluhan anak antusias menikmati dan ikut merasakan atraksi flying fox. Namun, Supriyono mengatakan, tidak semua anak-anak berani saat diajak orang tua untuk bermain flying fox.

Salah seorang anak bernama Ananda (9) yang ikut atraksi flyig fox mengaku senang bisa merasakan meluncur dengan tali bersama petugas Gulkarmat. Dia mengatakan, sedikit takut saat mau meluncur ke bawah. Tetapi, karena ada penjagaan dari petugas pemadam kebakaran di bawah, dia menjadi berani. “Seru banget permainannya," ujar Ananda. 

[Baca Juga: Sudin Gulkarmat Jaksel Gelar Gerebek Bersih Jalan Setiabudi]

Selain menggelar atraksi flying fox, Supriyono mengatakan, pihaknya juga membagi buku panduan sosialisasi pencegahan kebakaran kepada warga yang lalu lalang di kegiatan HBKB. Sosialisasi tersebut digelar untuk mengedukasi warga agar waspada terhadap  musibah kebakaran yang disebabkan korsleting listrik dan kompos gas.

Kegiatan HBKB juga diketahui untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang diharapkan berdampak signifikan terhadap penurunan polusi udara. Kualitas udara yang baik tentu akan berdampak positf bagi kesehatan masyarakat. Hal tersebut seperti disampaikan Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Djoko Riyanto.

"Kita ingin di DKI Jakarta setidaknya kualitas udara itu memenuhi ambang batas aman yang ditetapkan World Health Organization atau WHO maupun PP Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara," ujarnya sebagaimana dilansir dari sumber yang sama.

[Baca Juga: Catat! Car Free Day Segera Digelar di Jakarta Utara]

Dinas LH secara berkala juga menyelenggarakan uji emisi secara gratis yang bertujuan agar kendaraan yang ada memiliki emisi gas buang yang sesuai standar. Bahkan, pihak Dinas LH sudah membuat aplikasi e-Uji Emisi yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Dengan adanya aplikasi e-Uji Emisi, masyarakat bisa dengan mudah melakukan pengecekan secara mandiri seperti dikatakan Djoko.

Menurutnya, memperbanyak pohon atau tanaman juga tidak kalah penting guna meningkatkan kualitas udara. "Pohon-pohon atau tanaman itu juga sangat efektif untuk menetralisir polutan di yang mayoritas berasal dari kendaraan bermotor," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.