Puluhan Hotel di Kota Medan Tutup Terdampak COVID-19

Berita Kawasan

Puluhan Hotel di Kota Medan Tutup Terdampak COVID-19

Tingginya penyebaran COVID-19 berdampak terhadap aktivitas hotel dan restoran di Kota Medan, nyaris tidak ada pengunjung yang datang. Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara mencatat ada 24 hotel yang berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Sumut Denny S Wardhana menjelaskan, kepastian nasib hotel-hotel tersebut bergantung pada bagaimana penanganan pandemi COVID-19 oleh pemerintah.

Puluhan Hotel di Kota Medan Tutup Terdampak COVID-19

“Saya perkirakan lebih namun yang baru melapor hanya 24 hotel. Jadwal pengoperasian kembali belum juga dapat dipastikan yang pasti melihat perkembangan dari penanganan wabah COVID-19,” jelasnya sebagaimana diberitakan IDN Times (8/4/2020).

Menanggapi hal tersebut pihaknya mengaku sudah meminta relaksasi. Surat resmi permohonan akan hal tersebut juga telah dilayangkan PHRI Sumut ke berbagai instansi terkait sejak 17 Maret 2020, namun hingga kini belum ada satu pihak pun yang menanggapi.

[Baca Juga: Tenaga Medis COVID-19 Dapat Penginapan Nyaman dari Pemprov DKI]

Dia berharap permohonan ini segera direspons mengingat bisnis okupansi atau tingkat hunian hotel sebesar 20 persen. Denny pun menginginkan ada kebijakan pemerintah untuk menangguhkan biaya bulanan seperti pajak, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan. Listrik air dan gas.

Kendati dalam keadaan sulit, Denny menegaskan bahwa tidak terjadi pemutusan hubungan kerja. Para karyawan hanya dirumahkan sementara selama hotel berhenti beroperasional. “Merugi pengusaha hotel dan restoran otomatis juga mengganggu kewajiban kepada karyawan sehingga manajemen memilih untuk merumahkan,” tegasnya.

[Baca Juga: Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung]

Sekadar informasi, Kota Medan merupakan satu dari tiga daerah dengan status zona merah. Di samping itu, Kota Medan memiliki jumlah kasus paling banyak di Sumatra Utara. Hingga Selasa (7/4/2020), dikutip dari laman covid-19.pemkomedan.go.id, tercatat kembali adanya peningkatan jumlah ODP (orang dalam pemantauan), PDP (Pasien dalam Pengawasan), dan pasien positif COVID-19.

Dari data itu menunjukkan bahwa jumlah ODP sebanyak 714, jumlah PDP juga meningkat jadi 124 orang, dan pasien positif COVID-19 yang dua sebelumnya 18 orang meningkat jadi 31 orang. Sementara jumlah kasus positif COVID-19 yang meninggal sebelumnya 4 orang bertambah jadi 5 orang, PDP yang meninggal di wilayah kota Medan ada sebanyak 5 orang, sedangkan pasien sembuh dari sebelumnya dua orang menjadi 6 orang.

Read More

Artikel Lainnya

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi Covid-19.jpeg

Pendidikan

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi

02 June 2020, 21:00

Mahasiswa dapat membantu masyarakat mulai mengedukasi, pendataan hingga menggerakkan ekonomi masyarakat desa.

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

Bisnis

Selain Masalah Protokol Kesehatan, Ini Tantangan Transportasi Umum Di Masa New Normal

02 June 2020, 20:28

Bila nantinya wacana new normal ini benar-benar diterapkan, maka perlu kesiapan dalam pengaktifan transportasi umum di Ibu Kota.

Atasi Gerah di Rumah Tanpa AC_1.jpg

Properti dan Solusi

Atasi ‘Gerah’ di Rumah Tanpa AC dengan Cara Ini

02 June 2020, 20:23

Selain menggunakan AC, cara berikut dapat dipraktikkan agar tidak merasa kepanasan di dalam rumah.

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

Berita Kawasan

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

02 June 2020, 20:00

Selama masa pandemi COVID-19, perusahaan dapat menentukan pekerja yang perlu bekerja di kantor atau bekerja dari rumah.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 1 month, 3 weeks lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 net bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Natasya88 1 month, 3 weeks lalu
    Natasya88

    ⁣Masih tetap #bersamamelawanviruscorona cukup #dirumahaja dan utk mengusir kejenuhan yang anda rasakan. silahkan bisa lsg join dan cukup bermain game kartu yang ada di situsjadul.com serta bisa pilih/ambil bonusnya guys.