Puluhan IKM Lokal Hadirkan Produknya di Kantor Wali Kota Jakarta Utara

Bisnis

Puluhan IKM Lokal Hadir di Kantor Wali Kota Jakarta Utara

Demi meningkatkan gairah pengembangan produk lokal, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menggelar pameran untuk para pengusaha Industri Kecil dan Menengah atau IKM Kreatif. Setidaknya terhitung ada sekitar 71 peserta IKM yang hadir di pameran dengan membawa produk unggulan mereka. Pameran yang dibuka sejak 11 November 2019 di kantor Wali Kota Jakarta Utara ini akan terus berlangsung hingga 14 November 2019.

Puluhan pelaku IKM Kreatif yang ikut pameran ini merupakan binaan dari Pemkot Jakarta Utara. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara Suroto menjelaskan, wujud nyata peningkatan ekonomi kerakyatan. Apalagi ini sejalan dengan program prioritas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendukung Pengembangan Kewirausahaan Terpadu.

Puluhan IKM Lokal Hadirkan Produknya di Kantor Wali Kota Jakarta Utara

“Melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat membantu para IKM Kreatif untuk memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan pendapatan yang diperoleh. Sehingga dapat bersaing dengan produk industri sejenis lainnya yang telah beredar di pasar,” ungkap Suroto di halaman Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso No27-29, Tanjung Priok, Jakarta Utara, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (11/11/2019).

[Baca Juga: 45 Pengusaha Ikuti Gelar Produk IKM Kreatif Jakarta Timur]

Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo menuturkan ada 71 IKM kreatif yang ikut dalam pameran ini. Selain demi memperluas jaringan secara offline, pameran ini juga disebut didukung dengan sejumlah marketplace guna membantu pemasaran produk para pelaku usaha IKM secara online.

Salah satu pelaku usaha IKM Kreatif yang ikut dalam pameran ini adalah Saanian dengan Ocad. Mereka menghadirkan produknya yang dihasilkan dari seni dekorasi Phyrography. Di mana produknya dibuat dengan menggunakan kayu sebagai kanvasnya dan gambar yang ditorehkan di atasnya dihasilkan dari alat pemanas seperti solder. Seniman asal Kecamatan Koja ini disebut memulai usahanya dari hobinya.

[Baca Juga: Penghasilan Komunitas Freedom Squad Tangerang dari Rutin Ikut Event]

“Ini kami mulanya hanya sekadar hobi. Untuk sebuah karya hanya dibutuhkan dua hari penyelesaian, tergantung tingkat kesulitan gambar yang dibuat,” ujar Saanian. Harga yang dipatok untuk karyanya pun beragam. Dari mulai Rp25.000 untuk gantungan kunci sedangkan dekorasi hiasan, harganya berada di kisaran Rp250.000 hingga Rp750.000.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.