Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

Sejak 22 Juni 2022 kemarin, Galeri Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK) menjadi lokasi dipamerkannya puluhan karya seni dalam bentuk instalasi dan lukisan hasil karya para mahasiswa Seni Rupa Murni Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung. Pameran bertajuk Achipelago itu disebut guna mendorong penciptaan karya seni rupa dari para mahasiswa ISBI terhadap budaya di Nusantara tapi dari kacamata masing-masing seniman.

Pada pameran yang dibuka sampai 30 Juni 2022 itu, terhitung ada sekitar 17 lukisan serta 16 karya seni rupa yang bisa Anda lihat langsung saat berada di area Asia-Afrika Bandung. Berdasarkan penjelasan pihak penyelenggara, pameran Archipelago ini digelar dalam rangka memberikan edukasi kepada publik dalam penjembatanan seni, khususnya mengenai tradisi Nusantara, dari seniman yang ditujukan untuk memunculkan interaksi pembelajaran.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK.jpg

Sebagaimana dilansir dari Tribunnews.com (23/6/2022), Dosen Studio Lukis 4 dan Seni Rupa Nusantara Nadanggawe mengungkapkan, karya ini merupakan bagian dari upayanya untuk mendorong mahasiswanya dapat berpikir terbuka serta kritis terhadap budaya di Indonesia saat ini. Dari sinilah, ia meminta para mahasiswa menciptakan karya dari benda di sekitar mereka agar bisa terbentuk pesan dari hasil karya seni mereka.

Salah satu karya yang dipamerkan adalah lukisan karya Yeni berjudul Nyangku yang inspirasinya adalah tradisi di Ciamis, Jawa Barat. Di dalam tradisi ini biasanya masyarakat melakukan upayaca penyucian benda pusaka di Situ Lengkong Panjalu. Elemen yang bersifat penghormatan terhadap Raja Galuh ditorehkan mahasiswi ISBI Bandung itu dengan metode lukisan surealis. Dari segi pewarnaannya sendiri, warna biru menjadi elemen warna yang paling mendominasi dan ditambah dengan kumpulan awan yang menjadi latar belakang pulau yang nampak mengambang di udara.

[Baca Juga: Pameran Bertajuk “Wening” Dari Seniman Asal Batang]

Pameran yang menjadi momen terhadap para mahasiswa untuk menunjukkan hasil buah karya mereka ini juga turut disambut positif oleh pengunjung. “Selain sebagai wadah unjuk gigi para seniman Bandung, pameran ini juga berguna banget buat memberi inspirasi bagi kami calon-calon seniman,” tutup salah seorang pengunjung pameran Archipelago bernama Sasa, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (23/6/2022).


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.