Puluhan Kedai di Kota Tangerang Ikut Program Sedekah Ampas Kopi

Berita Kawasan

Puluhan Kedai di Kota Tangerang Ikut Program Sedekah Ampas Kopi

Semenjak Januari 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan hidup (DLH) menggelar program yang ditujukan untuk para penikmat kopi serta pemilik kedai kopi. Sesuai dengan namanya, program Sedekah Ampas Kopi mendorong mereka untuk menyerahkan ampas kopi yang tak terpakai kepada DLH Kota Tangerang. Semenjak diluncurkan, program ini sudah diikuti puluhan kedai kopi di Kota Tangerang.

Mungkin di benak Anda bertanya, “Apa fungsi dari ampas kopi tersebut?” Ternyata berdasarkan penjelasan Kepala Bidang Kebersihan dan Pengolahan Sampah DLH Kota Tangerang Buceu Gartina, ampas kopi bermanfaat untuk menyuburkan tanah berkat kandungan fosfor magnesium serta tembaga yang baik bagi perkembangan tanaman.

Puluhan Kedai di Kota Tangerang Ikut Program Sedekah Ampas Kopi

Karena kandungan yang baik untuk tanah itulah yang memicu DLH Kota Tangerang meluncurkan program sedekah ampas kopi. Pasalnya, sebelum ada program ini, DLH Kota Tangerang mengamati banyak ampas kopi yang dibuang begitu saja oleh para pemilik kedai dan penikmat kopi.

Jadi, dari pada menjadi sampah, DLH Kota Tangerang mengumpulkan ampas-ampas kopi tersebut. Kemudian, mereka olah kembali ampas kopi tersebut menjadi pupuk organik yang lebih bermanfaat.

[Baca Juga: Mengenal Tiga Periode di Dunia Kopi]

Sebagaimana dilansir dari tangerangnews.com (12/7/2019), pemilik kedai kopi di Kota Tangerang pun menyambut baik dengan program sedekah ampas kopi tersebut. Salah satunya adalah kafe Black Campaign Coffee yang berlokasi di Jalan Kalipasir Indah. Pengelola kafe ini mengklaim, dalam satu hari ada sekitar 1 kilogram ampas kopi yang dihasilkan di sini. Sebelum ada program ini, mereka biasanya membuang ampas kopi tersebut saat akan menutup kafe pada malam hari.

Selama hampir enam bulan program ini berjalan, ternyata para pengelola kedai kopi di Kota Tangerang memang menyambutnya dengan positif. Setidaknya, tercatat ada sekitar 38 kedai kopi di kota tersebut yang secara rutin menyumbangkan ampas kopinya pada waktu pagi dan sore hari.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

“Sedekah ampas kopi ini bisa langsung diantar atau dijemput tim DLH,” ucap Kepala Seksi Pengurangan Sampah DLH Kota Tangerang Dika Agus Hermaji, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (12/7/2019). Ia menambahkan, dari puluhan kedai kopi yang ikut program sedekah ini terkumpul sekitar 1045,80 kilogram ampas kopi yang siap diolah kembali oleh pihak DLH Kota Tangerang.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.