Puluhan Kedai di Kota Tangerang Ikut Program Sedekah Ampas Kopi

Berita Kawasan

Puluhan Kedai di Kota Tangerang Ikut Program Sedekah Ampas Kopi

Semenjak Januari 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan hidup (DLH) menggelar program yang ditujukan untuk para penikmat kopi serta pemilik kedai kopi. Sesuai dengan namanya, program Sedekah Ampas Kopi mendorong mereka untuk menyerahkan ampas kopi yang tak terpakai kepada DLH Kota Tangerang. Semenjak diluncurkan, program ini sudah diikuti puluhan kedai kopi di Kota Tangerang.

Mungkin di benak Anda bertanya, “Apa fungsi dari ampas kopi tersebut?” Ternyata berdasarkan penjelasan Kepala Bidang Kebersihan dan Pengolahan Sampah DLH Kota Tangerang Buceu Gartina, ampas kopi bermanfaat untuk menyuburkan tanah berkat kandungan fosfor magnesium serta tembaga yang baik bagi perkembangan tanaman.

Puluhan Kedai di Kota Tangerang Ikut Program Sedekah Ampas Kopi

Karena kandungan yang baik untuk tanah itulah yang memicu DLH Kota Tangerang meluncurkan program sedekah ampas kopi. Pasalnya, sebelum ada program ini, DLH Kota Tangerang mengamati banyak ampas kopi yang dibuang begitu saja oleh para pemilik kedai dan penikmat kopi.

Jadi, dari pada menjadi sampah, DLH Kota Tangerang mengumpulkan ampas-ampas kopi tersebut. Kemudian, mereka olah kembali ampas kopi tersebut menjadi pupuk organik yang lebih bermanfaat.

[Baca Juga: Mengenal Tiga Periode di Dunia Kopi]

Sebagaimana dilansir dari tangerangnews.com (12/7/2019), pemilik kedai kopi di Kota Tangerang pun menyambut baik dengan program sedekah ampas kopi tersebut. Salah satunya adalah kafe Black Campaign Coffee yang berlokasi di Jalan Kalipasir Indah. Pengelola kafe ini mengklaim, dalam satu hari ada sekitar 1 kilogram ampas kopi yang dihasilkan di sini. Sebelum ada program ini, mereka biasanya membuang ampas kopi tersebut saat akan menutup kafe pada malam hari.

Selama hampir enam bulan program ini berjalan, ternyata para pengelola kedai kopi di Kota Tangerang memang menyambutnya dengan positif. Setidaknya, tercatat ada sekitar 38 kedai kopi di kota tersebut yang secara rutin menyumbangkan ampas kopinya pada waktu pagi dan sore hari.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

“Sedekah ampas kopi ini bisa langsung diantar atau dijemput tim DLH,” ucap Kepala Seksi Pengurangan Sampah DLH Kota Tangerang Dika Agus Hermaji, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (12/7/2019). Ia menambahkan, dari puluhan kedai kopi yang ikut program sedekah ini terkumpul sekitar 1045,80 kilogram ampas kopi yang siap diolah kembali oleh pihak DLH Kota Tangerang.

Read More

Artikel Lainnya

Capai Angka 10.000 Pre-Order, realme Fans Disebut Antusias dengan realme 7 Series.jpg

Bisnis

Capai 10.000 Pre-order, realme Fans Disebut Antusias dengan realme 7 Series

18 September 2020, 16:39

realme Indonesia mengklaim, angka pre-order realme 7 Series sebelum rilis resmi mencapai angka 10.000 unit.

Kantor Wali Kota Jakarta Barat Ditutup Sementara, Ada Apa Ya .jpg

Berita Kawasan

Kantor Wali Kota Jakarta Barat Ditutup Sementara, Ada Apa Ya?

18 September 2020, 14:41

Mulai hari ini sampai 20 September 2020, kantor Wali Kota Jakarta Barat ditutup untuk dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Cegah Klaster, Wali Kota Bekasi Minta Perusahaan Pastikan Protokol Kesehatan.jpg

Bisnis

Cegah Klaster, Wali Kota Bekasi Minta Perusahaan Pastikan Protokol Kesehatan

18 September 2020, 13:38

Wali Kota Bekasi baru-baru ini ikut dalam Raker LKS Tripartit dengan hal yang disorotinya adalah antisipasi COVID-19 di perusahaan yang berada di wilayahnya.

Tim Ini Siap Pastikan Warga Malang Selalu Gunakan Masker Saat di Luar Rumah .jpg

Berita Kawasan

Tim Ini Siap Pastikan Warga Malang Selalu Gunakan Masker Saat di Luar Rumah

18 September 2020, 12:25

Pada pekan ini Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 sudah mulai dikerahkan di kawasan Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.