Puluhan Kelurahan di Kota Bogor Ikut Lomba Budidaya Jahe Merah

Bisnis

Puluhan Kelurahan di Kota Bogor Ikut Lomba Budidaya Jahe Merah

Baru-baru ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bertemu dengan perwakilan PT. Bintang Toedjoe untuk menerima bibit sekaligus sarana penunjang untuk kembang biak tanaman jahe merah. Bantuan ini disebut sebagai permulaan dari Lomba Taman Herbal Bejo yang diikuti sekitar 68 kelurahan di Kota Hujan. Lomba ini akan menilai kelurahan mana yang berhasil sukses mengembangbiakkan jahe merah sekaligus merawat taman yang menjadi lokasi penanamannya.

Penyerahan bibit secara simbolis ini digelar di Gedung Persatuan Organisasi Wanita Kota Bogor pada 31 Oktober 2019. Dengan dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Bogor Hanafi, Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Bima Arya, Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor Irwan Riyanto, para lurah serta ketua TP KPP kelurahan dan para camat se-Kota Bogor.

Puluhan Kelurahan di Kota Bogor Ikut Lomba Budidaya Jahe Merah

Pada prosesi itu PT. Bintang Toedjoe memberikan bibit jahe merah, pupuk organik cair, pestisida organik, pupuk kandang, sekam bakar, hormon tanaman, dan polybag. Hanafi menyambut baik dengan digelarnya kegiatan ini dengan menegaskan penilaian akan dilakukan secara menyeluruh namun tetap melalui proses pembinaan dari dinas terkait di Kota Bogor demi memastikan bibit jahe merah itu tumbuh subur.

[Baca Juga: Minuman Jahe Merah Tangerang Tembus Pasar Hingga Ke Jepang]

“Penilaian objektifnya, karena Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Bogor berjalan, koordinasi antara penyuluh dan KWT berjalan dengan baik, pembinaan dari dinas pertanian dilakukan secara terstruktur dan intensif, demikian juga pembinaan berjenjang dari PKK terlaksana dengan baik,” ujar Hanafi saat membuka kegiatan Gerakan Menanam dan Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah di Gedung Persatuan Organisasi Wanita, Jalan Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor (31/10/2019).

Karena ini merupakan lomba menanam, maka timeline dari kompetisi ini pun cukup panjang yaitu sekitar 10 bulan. Sehingga setelah bantuan bibit telah diterima dengan berbagai penyuluhan yang juga sudah diberikan, Ketua PKK Kota Bogor serta Dinas Pertanian bersama perwakilan PT. Bintang Toedjoe akan mulai mengunjungi 68 kelurahan yang ikut lomba ini pada Oktober hingga November 2020. Lalu pemenangnya sendiri akan diumumkan pada Desember 2020.

[Baca Juga: Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta]

Head Brand Manager PT Bintang Toedjoe Sumarwoto menjelaskan, dimulainya lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah bukanlah sekadar Corporate Social Responsibility (CSR) tapi juga sebagai langkah Creating Shared Value (CSV). “V-nya adalah value (nilai). Artinya kerjasamanya lebih dari sekadar CSR, namun berkelanjutan bahkan dalam jangka waktu lama. Bintang Tujuh tidak hanya memberikan sekali saja,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.