Kemenkes ISPA Menjadi Penyakit yang Banyak Diderita Pemudik

Kesehatan

Puluhan Korban Banjir di Kelurahan Kwitang Mulai Terserang Penyakit

Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi melakukan peninjauan terhadap korban banjir di Kelurahan Kwitang (2/1/2020). Saat sedang melakukan peninjauan, dia menemukan puluhan warga yang menjadi korban banjir di kelurahan tersebut terserang penyakit gatal.

Selain penyakit gatal, para korban banjir juga mengalami tensi darah naik dan pusing. Hal ini seperti dialami Imam, salah satu pasien korban banjir yang merupakan warga RW 06 Kelurahan Kwitang, Jakarta Pusat yang ditemui Irwandi. “Jaga kesehatan dan banyak istirahat ya Pak, nanti dokter akan periksa sekalian memberikan obatnya,” pesannya.

Puluhan Korban Banjir di Kelurahan Kwitang Mulai Terserang Penyakit

Dia mengatakan, pihak Pemda akan mengerahkan semua tenaga medis untuk membantu korban banjir karena ini sesuai perintah Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, mulai dari pihak kelurahan, kecamatan, sampai Walikota juga diharuskan untuk melayani korban banjir. “Lurah, camat, sampai Walikota harus melayani warga yang terkena banjir. Jangan sampai ada warga yang tidak terlayani,” tegasnya.

[Baca Juga: Hati-Hati! Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir]

Irwandi yang didampingi Camat Senen Rommy Jarpiko saat meninjau korban banjir di lokasi pengungsian Masjid Ar Riad, Kelurahan Kwitang menjelaskan, tim medis yang membantu korban banjir sudah ada poskonya. Selain itu, tim medis mobile juga disediakan untuk melayani warga yang terkena banjir bila mengalami keluhan gatal-gatal, dan penyakit lainnya.

“Insya Allah semuanya bisa dipenuhi sesuai harapan Gubernur. Semua ditanggung Pemda, termasuk kesehatan mereka. Tim medis dari puskesmas di semua lokasi titik banjir sudah ada poskonya da nada juga tim medis yang mobile, ungkapnya.

[Baca Juga: Leptospirosis Penyakit yang Berkembang Saat Banjir]

Camat Senen Rommy Jarpiko menambahkan, Sudin Kesehatan Jakarta Pusat juga membuka posko kesehatan di sejumlah lokasi pengungsian. “Ada empat posko layanan kesehatan, dibantu 10 dokter dan tim medis lainnya. Penempatan dokter setiap posko bervariasi, tergantung jumlah pengungsi,” ujarnya.

Sementara, salah satu dokter yang melayani pengungsi korban banjir dari Puskesmas Kelurahan Kwitang mengutarakan, korban banjir yang mengeluh pusing dan tensi darah naik disebabkan karena kurang istirahat. “Mereka diberi obat pusing dan penurun tensi darah. Semoga korban banjir sebisa mungkin harus istirahat,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.