Puluhan Rumah di Kapuk Muara Ditempeli Stiker Pengawasan Gugus Tugas COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Puluhan Rumah di Kapuk Muara Ditempeli Stiker Pengawasan COVID-19

Walau saat ini Ibu Kota sudah memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Transisi tapi ini tak berarti Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta melonggarkan tugasnya dalam memastikan usaha pemutusan mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2. Ini terlihat dari kegiatan Gugus Tugas COVID-19 di salah satu RW Jakarta Utara. Di mana mereka bergerak untuk menempeli stiker pengawasan terhadap puluhan rumah di kawasan Kapuk Muara, Jakarta Utara.

Kegiatan penempelan stiker pengawasan ini digelar pada 8 Juni 2020 yang dilakukan petugas Gugus Tugas COVID-19 RW06. Hal ini dipicu para asisten rumah tangga atau ART di rumah-rumah tersebut sempat mudik ke kampung halaman masing-masing dan baru-baru ini mereka kembali ke Jakarta.

Puluhan Rumah di Kapuk Muara Ditempeli Stiker Pengawasan Gugus Tugas COVID-19.jpg

“Sebelum mereka mudik dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halamannya,” ungkap Lurah Kapuk Muara Jeson M Yason Simanjuntak, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (8/6/2020).

Namun penempelan stiker di 23 rumah di kawasan Kapuk Muara itu tidak dilakukan secara sepihak. Pasalnya, para pemilik rumah di tempat puluhan ART itu bekerja memang sudah melaporkan kepada pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 RW 06 bahwa para ART sudah kembali ke tempat mereka. Bahkan menurut Jeson, sebelum para ART kembali, pihak Gugus Tugas COVID-19 Kelurahan Kapuk Muara sudah bekerjasama dengan gugus tugas setempat untuk melakukan pendataan siapa saja yang mudik.

[Baca Juga: Ini Dampak COVID-19 pada Pedagang di Loksem dan Lokbin Jakarta Barat]

Menurut keterangan Ketua RW setempat, para ART ketika kembali ke rumah majikannya langsung diarahkan untuk melakukan rapid test yang dibiayai pihak pemilik rumah. Lalu mereka juga diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Hal ini dipandang penting dalam menjaga status dari RW06 Kelurahan Kapuk Muara yang disebut hingga kini masih masuk ke dalam zona hijau penyebaran COVID-19.

Pemandangan serupa juga terlihat di wilayah lain Ibu Kota beberapa waktu terakhir. Di mana petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kerap mendatangi rumah-rumah yang diketahui penghuninya baru pulang dari mudik atau memang pendatang baru.

Contohnya selain di Kapuk Muara adalah di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok pada awal Juni 2020 kemarin. Dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kelurahan Penjagalan yang mendatangi sejumlah rumah warga dan menempeli stiker pengawasan. Hal ini disebabkan para warga itu memang diketahui baru kembali dari mudik tapi tak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta.

[Baca Juga: Langgar PSBB, Belasan Tempat Usaha Jakarta Barat dapat Surat Teguran]


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.