Puluhan RW di Kota Depok Ini Jadi Kampung Siaga Covid-19 2

Berita Kawasan

Puluhan RW di Kota Depok Ini Jadi Kampung Siaga COVID-19

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengumumkan bahwa mereka meluncurkan program Kampung Siaga COVID-19 yang ditujukan agar masyarakat berperan aktif dalam pencegahan Virus Corona. Saat ini salah satu wilayah yang telah merealisasikan program ini adalah Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis. Dengan 22 RW di sana telah mulai menjadi Kampung Siaga COVID-19 pada pekan ini.

Menurut penjelasan Lurah Mekarsari Iqbal Faroid, sebelum realisasi program ini diterapkan, pihaknya sudah mengirimkan surat edaran kepada semua RW di wilayahnya. Dengan surat edaran itu maka setiap RW akan menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna, dan tiga pilar di wilayah untuk pembentukan Kampung Siaga COVID-19.

Puluhan RW di Kota Depok Ini Jadi Kampung Siaga Covid-19

Dengan ini makan semua RW di kawasan Mekarsari sepenuhnya telah menjadi Kampung Siaga COVID-19 yang nantinya juga akan dicoba hingga ke tingkat RT. Dalam realisasinya, Iqbal menjelaskan, pihak kelurahan akan terus berkoordiasi dengan Satuan Tugas Kampung Siaga COVID-19 dalam membahas mengenai pengecekan kesehatan, sistem informasi kesehatan, pengamanan lingkungan, sampai edukasi kepada masyarakat di RW-RW tersebut guna memberikan pemahaman lengkap terkait Virus Corona.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terapkan Karantina Wilayah Parsial]

Selain itu, Kelurahan Mekarsari sendiri sebenarnya sudah melakukan upaya pencegahan Virus Corona dengan pengadaan tempat cuci tangan atau wastafel portable. Di mana tempat cuci tangan ini sudah disebar di 25 titik wilayah Kelurahan Mekarsari agar warga yang lewat dapat langsung mencuci tangannya dengan sabun serta air yang mengalir. Dengan titik yang dipilih adalah area tempat ibadah serta ruas jalan yang memang sering digunakan warga setempat.

[Baca Juga: Inisiatif Karantina Wilayah, Pengurus RT/RW se-Jakarta Utara Diapresiasi]

Terkait Kampung Siaga COVID-19, Pemkot Depok sendiri sudah menyiapkan anggarannya yang akan disalurkan ke RW di wilayahnya untuk merealisasikan program ini. Dengan setiap RW akan menerima dana sekitar Rp3.000.000 agar mampu segera mempercepat pendirian program ini di wilayah mereka masing-masing.

“Untuk pembentukan dan penyelengaraan Kampung Siaga COVID-19, masing-masing RW akan diberikan bantuan stimulan sebesar Rp3.000.000. Dana ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Depok,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (2/4/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.