Puluhan Warga Jaksel Ikut Pelatihan Wirausaha Minuman Sehat

Bisnis

Puluhan Warga Jaksel Ikut Pelatihan Wirausaha Minuman Sehat

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel) melalui Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans) baru-baru ini mengadakan pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) Minuman Sehat. Kegiatan ini diikuti sekitar 50 warga yang berasal dari lima wilayah di Jakarta Selatan. Pelatihan kewirausahaan ini disinyalir menjadi salah satu langkah Pemkot Jaksel untuk menekan tingkat pengangguran sekaligus memunculkan para wirausaha baru.

Pelatihan ini merupakan satu dari tiga program pembinaan dan penempatan tenaga kerja. Tiga pelatihan itu terdiri dari Pelatihan Satuan Pengaman atau satpam, Pelatihan Mengemudi SIM A, dan Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT). Untuk PKT Minuman Sehat, Sudin Nakertrans mengadakannya selama lima hari di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Gajah.

Puluhan Warga Jaksel Ikut Pelatihan Wirausaha Minuman Sehat

Para peserta yang hadir di sini telah melalui proses seleksi administrasi, seperti fotokopi KTP atau KK Jaksel dan berusia antara 20 hingga 50 tahun. Selain itu, syarat lain yang harus dimiliki peserta adalah memiliki keterampilan dasar serta dorongan menjadi seorang entrepreneur dan lokasi untuk membuka usahanya.

[Baca Juga: Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu]

“Ini angkatan yang kedua yang dilaksanakan di RPTRA Taman Gajah yang diikuti oleh 50 peserta dari lima wilayah kecamatan,” ujar Kepala Seksi Pelatihan Penempatan Produktivitas dan Transmigrasi Sudin Nakertrans Jaksel Lies Agustini, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (3/7/2019).

Lies menyebut, para peserta pelatihan wirausaha tersebut berasal dari kawasan Tebet, Pancoran, Mampang Prapatan, Cilandak, dan Pasar Minggu. PKT Minuman Sehat yang berlangsung lima hari dibagi menjadi dua sesi yang terdiri dari materi mengenai dunia entrepreneur selama dua hari dan pelatihan praktek selama tiga hari.

[Baca Juga: Dinas Nakertrans Jakarta Tambah Armada Mobile Training Unit]

Lies turut menyampaikan harapannya yang di mana ia menginginkan para warga Jaksel yang ikut dalam pelatihan ini dapat menjadi seorang entrepreneur. Hal ini tentu saja tidak lepas dari tujuan utama dari digelarnya pelatihan wirausaha ini yang memang bertujuan untuk menekan pengangguran dan dapat menambah perekonomian keluarga.

Terkait pemodalan para calon wirausaha di Jaksel tersebut, Lies menjelaskan bahwa pihaknya siap membantu. “Kita juga bekerjasama dengan pelayanan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) untuk pengurusan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) dan juga Bank DKI untuk permodalan,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.