Punya Pasangan Yang Memiliki Kompleks Oedipus

Kesehatan

Punya Pasangan Yang Memiliki Kompleks Oedipus

Usia bukanlah masalah bagi dua orang insan manusia yang saling mencintai. Banyak pria yang menyukai wanita yang lebih tua darinya. Kecenderungan pria tertarik kepada wanita yang usianya jauh lebih tua ini akrab disebut dengan istilah Mother Complex atau Kompleks Oedipus. Pencetusnya adalah Bapak Psikologi Sigmund Freud. Dikutip dari The Oedipus Complex - A Selection of Classic Articles on Sigmund Freud's (12/08/19), kompleks oedipus muncul karena seorang pria memiliki kelekatan yang amat kuat terhadap ibunya.

[Baca Juga: Benarkah Perempuan Makhluk yang Rumit dan Susah Dimengerti?]

Kompleks Oedipus bisa disebabkan karena sosok ibu yang terlalu protektif. Akibatnya anak jadi sukar lepas dari kelekatan terhadap ibu. Ketika mencari pasangan hidup, pria ini akan mencari wanita yang menyerupai sosok ibunya, salah satunya diperoleh dari wanita yang umurnya lebih tua. Pada usia 5-6 tahun seorang anak mulai mengenal perbedaan jenis kelamin. Di usia ini, seorang pria atau pada saat itu anak laki-laki mulai mengenal perempuan pertama yaitu sang ibu. Karena hanya mengenal satu wanita di usia pertamanya, laki-laki akan membentuk konsep ideal seorang perempuan seperti ibunya.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut rangkuman PingPoint.co.id mengenai pria yang mengalami Kompleks Oedipus. Pria memosisikan dirinya sebagai yang mencari perhatian dan perlindungan dari pasangan perempuannya. Hal ini terjadi karena proses pengasuhan yang sudah berlangsung sejak lama.

[Baca Juga: Najwa Shihab Ajak Perempuan Indonesia Bawa Perubahan]

Kecenderungan Kompleks Oedipus pada pria bisa menjadi masalah dalam hubungan apabila tidak terjadi kesesuaian. Apabila si pria tidak mampu memberikan rasa aman kepada pasangannya, maka bisa dipastikan hubungan asmara akan kandas. Sayangnya, pria-pria dengan kecenderungan Kompleks Oedipus kebanyakan kurang memiliki sikap mampu melindungi. Hubungan baru akan berhasil jika si pria ini berhasil menemukan wanita yang memiliki karakter keibuan, mengayomi, serta bisa menoleransi sikap pria dengan Kompleks Oedipus.

Tentunya tak semua pria yang menyukai wanita berumur lebih tua lantas dapat dikatakan kekanakan atau memiliki Kompleks Oedipus. Ada juga pria yang merasa tertantang dan lebih jantan apabila berhasil menaklukkan wanita yang lebih tua darinya.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.