Punya Perut Buncit Ini 5 Cara Merampingkannya

Kesehatan

Punya Perut Buncit? Ini 5 Cara Merampingkannya

Memiliki perut buncit memang merepotkan. Selain tak enak dipandang, mempunyai perut buncit juga berbahaya bagi kesehatan. Perut buncit seseorang bisa berbahaya lantaran adanya penimbunan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut terdiri dari dua macam, yakni lemak subkutan dan lemak visceral.

Lemak subkutan dapat dicubit karena terlihat dan berada di bawah kulit, sedangkan lemak visceral berada di sekitar organ dalam tubuh dan tak terlihat. Perut buncit juga timbul dikarenakan asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktivitas fisik. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan tanpa diselingi dengan aktivitas fisik, maka Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Jadi, bagaimana cara mengatasi perut yang sudah terlanjur membuncit? Berikut lima cara merampingkan kulit buncit menurut medicalnewstoday.com (26/7/2019):

1. Kurangi Konsumsi Alkohol

Jika Anda masih aktif menenggak minuman beralkohol, sebaiknya segera dihentikan. Karena alkohol tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit.

2. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Cara yang paling tepat guna melenyapkan buncit di perut ialah dengan meluangkan waktu dengan berolahraga. Anda harus menyempatkan diri untuk berolahraga rutin setiap harinya, seperti lakukan aktivitas jalan kaki, push up, yoga atau squat.

3. Perhatikan Makanan yang Akan Dikonsumsi

Jika Anda ingin menghindari perut buncit, sebaiknya Anda mengurangi asupan berlebih dalam tubuh. Mengurangi asupan kalori dalam tubuh sebanyak 500-1.000 kalori per harinya dapat meminimalisir risiko perut buncit.

Anda juga perlu banyak mengonsumsi sayuran, produk susu rendah lemak, buah, protein tanpa lemak, dan produk biji-bijian utuh, dan yang terpenting ialah mengurangi konsumsi karbohidrat.

[Baca Juga: Cara Diet Warga Jakarta Menurut Pakar]

4. Tidur yang Cukup

Selain menjaga pola makan, Anda perlu menjaga pola tidur. Karena kurang tidur dapat menyebabkan nafsu makan meningkat, sehingga menyebabkan Anda memperbanyak asupan makanan setiap harinya. Banyak penelitian juga yang menemukan bahwa kurang tidur berpengaruh pada peningkatan berat badan. Sebaiknya Anda tidur 7-8 jam sehari.

5. Hindari Stres

Jika Anda memiliki masalah, sebaiknya Anda bermeditas dan melakukan relaksasi. Karena stress dapat memicu perut buncit. Segeralah berbincang dengan orang terdekat agar masalah yang Anda hadapi bisa diselesaikan tanpa harus mengalami stres berkepanjangan.

Anda bisa berolahraga secara rutin tanpa mengeluarkan lebih dengan melakukan gerakan sederhana yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Jika masih kesulitan mengecilkan perut yang buncit, sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter terdekat supaya tak terkena penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.