Paku Bumi 2.jpg

Berita Kawasan

Pura Paku Bumi Tanah Jawa Jaga Gunung Kawi dan Gunung Van der Man

Mengakhiri perjalanan Jalur Lintas Barat (Jalibar) setelah dari Kota Batu menuju Dau, Kabupaten Malang, kita akan berada di dataran tinggi yang tepat di tengah-tengah antara Gunung Van der Man dan Gunung Kawi. Pada dataran tinggi tersebut, Pura Paku Bumi Tanah Jawa menandai lokasi sentral kedua gunung tersebut. Sebagai salah satu Pura tua yang menandai masuknya agama Hindu di wilayah Malang Raya, sampai saat ini Pura tersebut masih dijaga kebersihan lingkungannya. Secara berkala, asosiasi agama Hindi di Malang raya bergantian melakukan konservasi lingkungan di wilayah ini.

Cara tercepat untuk menuju Pura Paku Bumi Tanah Jawa adalah dengan melalui jalur pariwisata Petik Jeruk Selorejo, yang membatasi wilayah Kota Batu dengan Kabupaten Malang. Pada musim hujan seperti sekarang, kabut kadang menutup jalan ini dengan jarak pandang maksimal 5 meter. Imbauan untuk berhati-hati dalam melintas terpasang dalam bentuk plang-plang sederhana di pintu masuk Selorejo.

Paku Bumi 1.jpg

Lokasi Pura Paku Bumi Tanah Jawa ini juga tidak ditarik biaya tiket masuk sebab termasuk bagian wisata religi. Namun demikian, sebagai sebuah penghormatan, disediakan pula kotak sumbangan untuk biaya perawatan dan kebersihan yang bisa diisi setulusnya. Pada sepanjang jalan di area Pura disediakan tong-tong sampah yang berintegrasi dengan alam sehingga kebersihan bisa tetap terjaga dan menyatu dengan lingkungan.

Pura Paku Bumi Tanah Jawa sendiri memiliki desain yang menyatu dengan bebatuan gunung. Pemberian aksen burung Garuda di tengah-tengah halaman Pura dilakukan oleh asosiasi Agama Hindu setempat untuk memberi kesan persatuan dan keberterimaannya menjadi bagian dari nusantara. Sifat dan sikap itu disalurkan secara simbolik, mengingat lokasi Pura Jawa Paku Alam yang mengikat jalur dua pegunungan besar di Malang Raya.

“Wisata religi plus ada tempat perkemahan di bagian bawahnya. Pemandangan sekitarnya sangat bagus, udaranya segar, dan kalau mau nyemplung bisa di sungainya walau airnya dingin. Kalau pulang bisa beli oleh-oleh khas daerah setempat yaitu jeruk gula, siem, dan keprok,” ungkap Adin menjelaskan pengalamannya ke lokasi Pura.


Read More

Pura Paku Bumi Tanah Jawa

Tempat Ibadah

+6285731470001
None

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.