Jelang Libur Maulid Nabi, Pemkot Surabaya Larang ASN Pergi Keluar Kota.jpg

Berita Kawasan

Pusat Data Cyber 1 Terbakar, Layanan 112 Surabaya Dialihkan Sementara

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengalihkan sementara layanan Command Center (CC) 112. Ini dikarenakan dampak dari insiden kebakaran yang terjadi pada Gedung Pusat Data Cyber 1 di Jakarta Selatan, Kamis (2/12/2021) siang.

Data center adalah fasilitas fisik yang digunakan organisasi maupun korporasi untuk menampung aplikasi dan data penting yang dimiliki. Maka itu, adanya data center begitu krusial.

Kebakaran yang terjadi berdampak terhadap lalu lintas internet. Masalahnya, banyak pengelola data center menaruh perangkatnya di sana, apalagi di gedung tersebut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) meletakkan Indonesia Internet Exchange (IIX) di gedung tersebut.

Selain terputusnya layanan Command Center (CC) 112 se-Indonesia termasuk Kota Surabaya, insiden ini juga mengakibatkan terganggunya traffic internet.

[Baca Juga: Cegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik, Damkar Depok Berikan Tips]

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, M Fikser menegaskan, bahwa untuk saat ini pihak penyedia layanan belum dapat memberikan estimasi waktu kapan layanan kembali pulih. Ini dikarenakan ruang pusat data cyber yang terbakar.

“Akibatnya untuk layanan 112 se-Indonesia termasuk di Kota Surabaya tidak terkoneksi. Kita masih menunggu informasi dari pihak penyedia kapan layanan akan kembali normal,” kata M Fikser di kantornya, Kamis (2/12/2021).

Meski demikian, Pemkot Surabaya mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir. Sebab, kata Fikser, pemkot telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi untuk tetap memberikan layanan 112.

“Untuk saat ini kita alihkan sementara layanan 112 ke beberapa kanal media sosial milik pemkot dan nomor telepon Posko Command Center,” jelas dia.

[Baca Juga: Kriteria Rumah Rawan Kebakaran Ditempeli Stiker]

Dengan begitu, Fikser memastikan, bahwa masyarakat yang membutuhkan layanan kedaruratan, dapat memanfaatkan beberapa kanal media sosial milik pemkot serta nomor telepon Posko Command Center.

“Silahkan masyarakat dapat memanfaatkan beberapa layanan yang kami sediakan. Petugas operator di Posko Command Center juga bersiaga 24 jam,” katanya.

Beberapa layanan tersebut, dapat diakses masyarakat mulai dari aplikasi WargaKu. Lalu, media sosial instagram di alamat @call112surabaya, @sapawargasby dan @banggasurabaya. Kemudian, layanan melalui Posko Command Center di nomor telepon 031-5454922 atau 031-99242201


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.