Sarpras Seni Budaya Jakarta Barat Dibenahi Pemprov DKI Jakarta

Berita Kawasan

Pusat Pelatihan Seni Budaya Jakarta Barat Dibenahi Pemprov

Setiap wilayah di Provinsi DKI Jakarta memiliki Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB). Mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Dalam setiap PPSB di masing-masing wilayah, memiliki sarana dan prasarana (sarpras) yang terbilang cukup lengkap, seperti panggung utama indoor, ruang latihan, ruang sekretariat, dan lain-lain.

Sarpras yang ada di PPSB pun terus dilakukan pembenahan dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Seperti pembenahan yang sedang berlangsung di PPSB Jakarta Barat yang berlokasi di Jalan Rama Raya no 1, Komplek Persada Sayang, Kelurahan Rawa Buaya. Pembenahan sarpras di PPSB Jakbar bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat sebagaimana disampaikan Kepala Satuan Pelayanan Latihan Kesenian Jakarta Barat Mohammad Fairza Maulana.

[Baca Juga: 6 Sanggar Budaya Dari Luar Bogor Ramaikan Helaran Seni Budaya 2019]

Dia menuturkan, perbaikan sarpras PPSB Jakbar dimulai sebelum Lebaran dan saat ini sudah siap digunakan untuk panggung utama indoor. Karena, sarana tersebut telah rampung dibenahi sehingga bisa digunakan dengan kapasitas sekitar 250 orang. Perbaikan panggung utama ini dijelaskannya, menghabiskan waktu sekitar dua bulan.

Panggung utama indoor yang telah dibenahi kini dibuat ramah untuk penyandang disabilitas. Diharapkan, dengan saranan panggung utama yang kini telah memiliki wajah baru mampu membuat para peserta pelatihan tekun berlatih dan mengasah kemampuan seni budaya. Pembenahan sarpras yang telah rampung adalah perbaikan panggung utama indoor PPSB Jakarta Barat. 

[Baca Juga: HUT Ke-73 Bhayangkara, Polres Jakarta Barat Gelar Pesta Rakyat]

PPSB Jakbar memiliki dua panggung pentas seni, yakni area indoor dan outdoor. Selain itu, ada enam ruang latihan dan dua ruang sekretariat sebagaimana dijelaskan Mohammad Fairza Maulana. Namun, selain panggung indoor, sarana lain yang disebutkan masih dalam tahap perbaikan. “Panggungnya digunakan untuk pementasan hasil seni budaya yang diikuti oleh puluhan peserta pelatihan," tambahnya. 

Dia juga mengatakan, pihaknya memiliki kegiatan sebanyak 22 pelatihan dan tiga pagelaran seni budaya untuk tahun 2019. Pelatihan seni di PPSB Jakbar terdiri dari seni gambus, seni tari, seni lukis, nasyid, gambus, qasidah dan sebagainya. “Masing masing peserta per pelatihan seni budaya diikuti sebanyak 30 orang," tuturnya. 

Selain itu, pihaknya pun memberikan kesempatan bagi warga maupun sanggar seni untuk menggunakan sarpras PPSB Jakbar sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.