Pusing Setelah Bangun Tidur Ini Tips Meredakannya

Kesehatan

Pusing Setelah Bangun Tidur? Ini Tips Meredakannya

Setelah bangun tidur, seharusnya badan dan pikiran menjadi segar. Namun, bagaimana jadinya bila setelah bangun tidur justru kepala Anda terasa pusing? Kondisi ini tidak membahayakan, tetapi hal ini tentu akan membuat aktivitas Anda jadi terganggu sepanjang hari karena pusing yang Anda rasakan tidak dengan segera menghilang. Penyebabnya pun bisa dengan bermacam-macam kondisi, seperti stres, insomnia, dehidrasi, maupun gangguan tidur. Agar setelah bangun dari tidur Anda tidak mengalami sakit kepala atau pusing. Cara-cara ini dapat mencegah sakit kepala, antara lain dengan:

  • Menjaga kualitas tidur, yaitu memastikan waktu tidur yang cukup, sekitar 6-8 jam per hari.
  • Kurangi stres, Anda bisa segera berkonsultasi dengan psikolog
  • Melakukan teknik relaksasi
  • Hindari mengonsumsi terlalu banyak kafein sebelum tidur

Ini Bahaya Meminum Kopi Saat Puasa dan Perut Kosong

Lalu bagaimana bila pusing masih saja Anda rasakan setelah bangun tidur? Anda bisa lakukan tips berikut ini:

1) Membuat Minuman Jahe

Jahe ampuh hilangkan rasa nyeri di kepala. Pasalnya, jahe mengandung senyawa kimia yang mampu memberikan efek yang menenangkan. Jahe juga mampu bekerja untuk merangsang aliran darah ke otak sehingga peredaran darah menjadi lancar sehingga sakit kepala yang Anda alami setelah bangun tidur membaik. Minumlah jahe panas yang bisa dicampur dengan madu setelah bangun tidur. Tidak hanya akan membuat pusing Anda lenyap, melainkan meredakan mual dan sejumlah manfaat lainnya.

2) Minum Air yang Cukup

Penyebab pusing setelah bangun tidur, karena cairan tubuh mulai berkurang. Dan, Anda perlu meminum air yang cukup. Setelah bangun tidur, segeralah minum minimal segelas air untuk membantu mengembalikan cairan tubuh.

3) Perbanyak Asupan Sayuran dan Buah

Saat Anda merasakan sakit kepala, banyak pakar kesehatan menyarankan untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah. Terutama pada buah yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti semangka. Setelah bangun dari tidur dan terasa pusing, cobalah Anda makan buah semangka, melon, atau tomat untuk meredakan sakit kepala.

4) Kompres dengan Es Batu

Hal yang mudah Anda lakukan juga dengan cara mengompres es batu ke area leher dan kening. Pengompresan tersebut akan membantu mengurangi rasa sakit kepala Anda.

Lakukan empat cara di atas agar Anda bisa bangun tidur dengan lebih bersemangat. Dengan menjalani rutinitas baru di atas, pagi Anda bisa lebih segar dan siap beraktivitas.

[Baca Juga: Klinik Gangguan Tidur di RS Mitra Kemayoran]

[Baca Juga: Ketahui Dampak Kesehatan yang Menghantui Pengidap Insomnia]

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.