Puskesmas Beji Punya Layanan Curhat Dengan Mahasiswa Psikologi UI

Kesehatan

Puskesmas Beji Punya Layanan Curhat Dengan Mahasiswa Psikologi UI

Terkadang, seseorang mengalami kesulitan mengeluarkan keluh kesah. Apakah Anda termasuk orang yang sulit menceritakan keluh kesah kepada orang lain? Jika iya, sebaiknya percayakan orang terdekat untuk bisa menyampaikan keluh kesah atau curhat. Hal itu bahkan disarankan Psikolog Naomi Ernawati Lestari, M.Psi dalam sesi wawancara tim PingPoint.co.id (16/5/2019) yang diunggah ke Youtube PingPoint Indonesia.

Atau, jika ragu mempercayakan keluh kesah kepada orang terdekat, Anda bisa mendatangi psikolog. Naomi mengatakan, mendatangi psikolog bukanlah hal yang negatif. Masyarakat hingga kini masih banyak yang berpikiran orang yang datang ke psikolog atau pun psikiater itu hanya orang yang hilang kewarasannya. Namun, sebenarnya psikolog juga bersedia melayani konsultasi atau curhat bagi mereka yang membutuhkan seseorang untuk menyampaikan keluh kesahnya.

[Baca Juga: Jangan Takut Konsumsi Obat Demi Kesehatan Jiwa]

Bahkan, di Puskesmas Beji, Depok ada layanan konsultasi atau curhat dengan mahasiswa S2 Profesi Psikologi Klinis Universitas Indonesia (UI) sebagaimana unggahan Dinastuti dalam laman media sosial Facebook. Jadi, bagi Anda yang tinggal di kawasan Depok jangan merasa bingung lagi ya jika ingin curhat dan mengeluarkan keluh kesah. Layanan konsultasi di Puskesmas Beji tidak dipungut biaya apa pun bagi pemegang BPJS. Tetapi, bagi yang tidak memiliki BPJS hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000.

Berdasarkan informasi dari Psikolog Dinastuti melalui pesan singkat kepada tim PingPoint.co.id (25/6/2019), mahasiswa S2 Profesi Psikologis Klinis UI yang melayani konsultasi di Puskesmas Beji merupakan mahasiswa magang resmi yang sedang menjalankan program praktik kerja rutin. Jadi, adanya layanan konsultasi di Puskesmas ini bukan hanya untuk masyarakat atau pasien Puskesmas berkonsultasi, tetapi juga menjadi momen penting bagi mahasiswa S2 Profesi Psikologi Klinis UI dalam program praktik kerjanya.

[Baca Juga: Komunitas Peduli Kesehatan Jiwa Into The Light Indonesia]

Menurut Dinastuti, jika penggunaan kata curhat dalam layanan curhat di Puskesmas Beji tersebut adalah untuk mengurangi stigma negatif masyarakat yang menganggap datang ke psikolog sama dengan mengalami gangguan jiwa.

Hal tersebut senada dengan layanan curhat di Puskesmas Beji yang memberi kesempatan berdiskusi bagi siapa saja mengenai berbagai hal. Mulai dari masalah emosional (stres, cemas, bete), masalah perkawinan dan keluarga, masalah pertemanan dan pasangan, dan masalah-masalah psikologis lainnya.

Adapun waktu dan jam layanan curhat dengan mahasiswa S2 Psikologis Klinis UI ini mulai Senin-Sabtu dari pukul 07.300 hingga pukul 14.00. Layanan curhat di Puskesmas Beji ini hanya untuk menangani klien dengan rentang usia 18 tahun ke atas. Selain itu, waktu konsulitasi juga disesuaikan dengan jadwal di Puskesmas.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.