Puskesmas Cakung Adakan Gebyar Remaja Cermat Menggunakan Obat

Berita Kawasan

Puskesmas Cakung Adakan Gebyar Remaja Cermat Menggunakan Obat

Puskesmas Kecamatan Cakung menggelar acara Gebyar Remaja Cerdas Menggunakan Obat di Grand Ballroom, United Tractor Indonesia, Jalan Raya Bekasi, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur (20/6/2019).

Gebyar Remaja Cerdas Menggunakan Obat tersebut diikuti oleh 290 peserta yang berasal dari 62 sekolah SMP, SMA, SMK, MTS, dan MA serta hadir pula para guru pendamping. Selain itu, ada juga 20 orang apoteker yang terlibat sebagai fasilitator.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Cakung drg. Junaidah dan Sekretaris Camat Cakung Chandra. Dalam Gebyar Remaja Cerdas Menggunakan Obat, hadir dalam jajaran tamu yaitu Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur dr. Debby Permatasari, dan Lurah Cakung Barat Ridwan. Hadir pula perwakilan dari United Tractor Indonesia, pewakilan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan para kepala puskesmas kelurahan yang ada di Cakung.

[Baca Juga: Jangan Ragu-ragu Berobat ke Puskesmas Kembangan]

Acara ini diselenggarakan untuk remaja agar cerdas dan cermat dalam menggunakan obat. Menurut Junaidah, kini telah banyak obat-obatan illegal yang tak memiliki izin tersebar di Indonesia. hal ini mengakibatkan kerugian di masyarakat maupun di instasi kesehatan. “Kita merasa bertanggung jawab untuk memberikan pengetahuan mengenai obat-obatan, agar remaja lebih cerdas dalam menggunakan obat,” kata Junaidah.

Dengan mengadakan acara ini, ia berharap para peserta bisa menjadi kader bagi keluarga, teman, dan lingkungan sekolah, baik dalam memberikan pengetahuan dasar penggunaan obat dan menghindar dari obat-obatan terlarang. “Target kami, seluruh masyarakat Cakung paham dan mengerti bagaimana menangani dan di mana tempat yang tepat untuk mendapatkan obat-obatan,” harap Junaidah.

[Baca Juga: Tanpa Obat Penenang, Ini 5 Cara Mudah Menghilangkan Stres]

Melansir dari timur.jakarta.go.id (21/6/2019) Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur dr. Debby Permatasari mengatakan, acara ini telah mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Cakung ini, karena sasarannya tidak cuma masyarakat umum tapi sangat spesifik, yaitu remaja,” ujar Debby.

Menurut Debby, kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada para remaja. Kegiatan ini juga bisa memberikan pengaruh kepada lingkungan sekitarnya. Debby juga berharap Puskesmas Kecamatan Cakung dapat menjadi contoh bagi puskesmas di wilayah lain.

Camat Cakung Chandra mengapresiasi acara Gebyar Remaja Cermat Cakung yang dinilai dapat memberikan edukasi kepada remaja sebagai generasi penerus bangsa. “Remaja adalah cikal bakal generasi penerus bangsa. Saya berharap remaja Indonesia kedepannya semakin baik,” ujar Chandra.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.