Puskesmas Cakung Buat Posbindu untuk Atasi Hipertensi

Kesehatan

Puskesmas Cakung Buat Posbindu untuk Atasi Hipertensi

Hipertensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Kondisi ini dapat membahayakan tubuh karena jantung dipaksa untuk memompa darah lebih keras dibandingkan biasanya. Kondisi gangguan kesehatan ini dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti gagal ginjal, stroke, ataupun gagal jantung. Kondisi ini sangat umum di alami di Indonesia, lebih dari 2 juta kasus per tahun.

Karena tingginya angka hipertensi di Indonesia, Pemerintah melaksanakan berbagai upaya untuk menurunkan kasus ini. Salah satu bentuk upayanya adalah mengadakan kelas atau sosialisasi untuk penanggulangan hipertensi. Belum lama ini Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi membuka kegiatan Sosialisasi Upaya Penanggulangan Hipertensi untuk wilayah Kecamatan Cakung. Kegiatan ini diadakan di Aula Kantor Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada 2 Juli 2019.

[Baca Juga: Garam Ini Aman untuk Penderita Hipertensi]

Dalam kegiatan ini, Puskesmas Kecamatan Cakung berupaya untuk menciptakan satu Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) di setiap satu Rukun Warga (RW), guna mempermudah masyarakat untuk memeriksa kesehatannya.

Puskesmas Cakung Buat Posbindu untuk Atasi Hipertensi

Posbindu merupakan program untuk masyarakat yang bersifat promitif dan preventif untuk deteksi dini, monitoring (pemantauan) dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Program ini dikembangkan sebagai bentuk kewaspadaan dini, mengingat hampir semua penyakit tidak menular biasanya tidak memberikan gejala tertentu. “Selaku pemerintah kota, saya sangat mendukung dengan terciptanya Posbindu PTM di setiap satu RW. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan masyarakat dengan mudah bisa memeriksa kesehatannya," ungkap Usmayadi.

[Baca Juga: Dinkes Jakarta Timur Sosialisasi Hipertensi ke Masyarakat]

Melansir dari timur.jakarta.go.id (3/7/2019) dalam kesempatan yang sama, Usmayadi juga mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan pribadi dengan memulai hidup sehat dan datang ke Posbindu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. "Saya berharap Posbindu di setiap satu RW dapat terealisasikan secepatnya. Khususnya untuk wilayah Jakarta Timur, agar lainnya dapat mengikuti," kata Usmayadi.

Sementara itu, Sekretaris Camat Cakung Chandra menyebutkan, sudah ada 54 Posbindu dari 89 RW di Kecamatan Cakung. Ia berharap, dari kegiatan tersebut terbentuk Posbindu baru. "Dengan kegiatan ini kami berharap masyarakat dengan mudah untuk memeriksa kesehatannya dan tentu kami akan selalu mensosialisasikan program ini agar minat masyarakat meningkat untuk datang ke Posbindu," ujar Chandra.

Kepala Puskesmas Cakung Junaedah menambahkan, jumlah penderita hipertensi di wilayah Cakung mencapai 41.419 orang, atau sekitar 10,92 persen penduduk usia 15 tahun ke atas.  "Dengan jumlah tersebut kami selaku Puskesmas Kecamatan Cakung berupaya menciptakan satu Posbindu di setiap satu RW, agar masyarakat bisa secepat mungkin memeriksakan kesehatan dan mendapatkan penanganan untuk masalah kesehatannya termasuk hipertensi," ujar Junaedah.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.