Depok-Kesehatan-Puskesmas-di-Kecamatan-Kota-Depok-Ini-Adakan-Penyuluhan-AIDS-Emil.jpg

Kesehatan

Puskesmas di Kecamatan Kota Depok Ini Adakan Penyuluhan AIDS

HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok. Kerap kali penyakit ini mudah menular karena orang yang terjangkit HIV/AIDS merasa malu untuk berobat. Karena itulah penyuluhan mengenai penyakit ini dilakukan lembaga kesehatan dengan berusaha menjelaskan bagaimana mencegah serta menjelaskan apa itu HIV/AIDS. Salah satu penyuluhan tersebut dilakukan puskesmas di Kecamatan Cilodong Kota Depok.

Sekadar informasi, HIV atau Human Immunodeficency Virus merupakan nama virus yang memicu penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Sebagaimana dilansir dari webmd.com, virus ini pada dasarnya merusak sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia. Salah satu satu tanda seseorang menderita penyakit ini adalah pembengkakan kelenjar getah bening dengan pusing serta demam tinggi.

Rapid Test Screening HIV

HIV/AIDS juga merusak kemampuan tubuh manusia untuk melawan berbagai infeksi serta kanker. Penularan HIV biasanya terjadi karena hubungan seksual, terkena jarum atau alat suntik yang terkontaminasi, darah yang terkontaminasi, dan penularan dari ibu ke anak selama proses kehamilan, saat proses persalinan atau melalui ASI.

[Baca Juga: Benarkah Senam Hamil Dapat Lancarkan Persalinan?]

Karena itulah demi mencegah penularan HIV/AIDS di kawasannya, pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong pun melakukan penyuluhan serta pemeriksaan. “Kami rutin memberikan penyuluhan, konseling, pemeriksaan baik kepada masyarakat umum serta yang memuliki risiko terkenal HIV/AIDS,” ucap Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti, sebagaimana dikutip dari depok.go.id.

Selain memberikan penyuluhan, pihak UPT Puskesmas Cilodong juga melakukan sosialisasi mengenai layanan apa saja yang bisa dilakukan di fasilitas kesehatan tersebut terkait HIV/AIDS.

Layanan Kesehatan di Puskesmas Cilodong

UPT Puskesmas Cilodong juga mengadakan konseling melalui Mobile Voluntary Counseling and Testing atau VCT yang bersifat “jemput bola” terhadap para warga di kecamatan Kota Depok tersebut. “Kami lakukan pemeriksaan langsung dengan Mobil VCT untuk yang memiliki risiko. Kemudian, masyarakat dapat melakukan pemeriksaan di puskesman dengan mengisi form beberapa pertanyaan,” jelas Ambar.

Ambar menuturkan pemeriksaan yang dilakukan di UPT Puskesmas Cilodong Kota Depok menggunakan metode yang dinamakan metode rapid test oleh para petugas yang terlatih. Jenis tes ini dilakukan untuk melakukan screening terhadap infeksi HIV. Metode rapid test dapat mendeteksi antibodi HIV dalam darah atau cairan oral hanya dalam kurun waktu kurang dari 30 menit. Bila seseorang ditemukan positif terkena HIV dalam tes ini maka ia akan menjalani tes lanjutan.

[Baca Juga: Puskesmas Naik Kelas dan Klasifikasi Rumah Sakit]

Mendengar keberadaan puskesmas yang memiliki layanan untuk para pasien atau suspect penderita HIV/AIDS, psikolog Tika Bisono, S.Psi, M.Psi.T menyambutnya dengan baik. “Rumah sakit saja jarang yang memberikan layanannya, ini puskesmas wilayah bagus (karena) mau menerima para pasien AIDS,” ucapnya kepada PingPoint.co.id.

Namun di satu sisi, Tika juga memandang bahwa para penderita HIV/AIDS masih dihantui oleh stigma dari masyarakat pada umumnya sehingga ada rasa enggan untuk mereka memeriksakan diri. “Walau sudah ada sosialisasi dari berbagai pihak, masyarakat umum terkadang masih tetap memandang AIDS sebagai penyakit yang menular layaknya flu dan membuat para pasien dijauhi,” tambahnya.

Karena itu walau UPT Puskesmas Cilodong Kota Depok memiliki layanan untuk AIDS dukungan dari keluarga tetap diperlukan. “Family support penting agar pasien tidak merasa tidak ditinggal dan mendorong pasien untuk berobat,” pungkas Tika.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.