KEBON-JERUK_KESEHATAN_PUSKESMAS-KEBON-JERUK-JAKARTA-PRIORITASKAN-LAYANAN-LANSIA_OCI_REVISI-01.jpg

Kesehatan

Puskesmas Kebon Jeruk Jakarta Prioritaskan Layanan Lansia

Warga lansia atau lanjut usia, sering mengalami gangguan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan secara rutin juga wajib dilakukan warga lansia. Sayangnya layanan kesehatan di Indonesia masih banyak yang tidak ramah lansia. Namun tidak demikian dengan Puskesmas Kebon Jeruk Jakarta. Puskesmas ini menyediakan layanan prioritas khusus bagi lansia.

Poli Kesehatan Manula One Stop Service (POKEMONSS) merupakan suatu inovasi pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pasien lanjut usia (lansia) pada saat menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs www.puskesmaskebonjeruk.com, POKEMONSS ini memberikan perlakuan khusus kepada para pasien lansia mulai dari pelayanan registrasi pasien sampai dengan pelayanan pemeriksaan kesehatan.

Loket Pendaftaran pasien yang terletak tepat berada di pintu utama Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk dikhususkan untuk melayani pendaftaran pasien lansia, sehingga pasien lansia tidak perlu mengantre lama untuk mendapatkan nomor urut pemeriksaan kesehatan di poli. Nomer antrean pun berupa kalung khusus sehingga memudahkan mereka untuk menyimpannya.

[Baca Juga : Prolanis Jadi Program Unggulan di Klinik BPJS Kesehatan]

Tidak Perlu Berpindah

Ruang pelayanan yang berada di lantai satu dan tidak jauh dari loket pendaftaran di desain senyaman mungkin untuk memanjakan para lansia. Ruang tunggu disediakan alat-alat kreatifitas lansia, seperti busy book yang di rancang untuk membantu motorik kasar dan motorik halus pasien khususnya untuk pasien pasca stroke.

POKEMONSS tidak hanya menyediakan pelayanan kesehatan atau konsultasi dokter, tapi juga dilengkapi periksa laboratorium dan layanan farmasi di dalam satu ruangan layanan. Dengan adanya POKEMONSS pasien lansia tidak perlu repot berpindah-pindah lantai menggunakan tangga atau lift. Semua pelayanan kesehatan yang dibutuhkan telah berpusat di satu tempat.

Inovasi ini berdampak positif bagi pasien lansia yaitu mempersingkat waktu yang dibutuhkan warga lansia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk.

Sempat Viral

Puskesmas Kebon Jeruk Jakarta sempat viral pada 2016 setelah satu pasiennya membuat testimoni di Facebook. Destri Ana melalui akun Facebook miliknya menggambarkan pelayanan dan fasilitas Puskesmas Kebon Jeruk yang dinilainya bagus.

Berdasarkan laporan yang dilansir dari kompas.com yang mendatangi puskesmas tersebut, testimoni dari pasien yang viral memang tidak berlebihan. Warga yang datang akan langsung disambut gapura bertuliskan Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk. Bangunan besar empat lantai itu langsung terlihat lengkap dengan papan bertuliskan "Free WiFi".

Ketika masuk ke dalam gedung, warga akan langsung berhadapan dengan loket pendaftaran seperti yang ada di bank. Kemudian, ada petugas sekuriti yang siaga berdiri di samping alat pengambilan nomor antrean seperti di bank. Sistem pengambilan nomor antrean di puskesmas ini memang tidak lagi manual.

Naik ke lantai 2, tersedia loket pendaftaran untuk pasien umum. Tersedia kursi yang banyak di sekitar loket untuk masyarakat yang ingin mendaftar. Konsep antreannya juga seperti di bank, yakni menggunakan mesin khusus yang dipandu oleh petugas sekuriti.

[Baca Juga : 5 Layanan Andalan RSUD Matraman]

Setelah mendaftar, pasien akan diarahkan ke lantai 3. Di sana, ada semua ruang pemeriksaan dokter segala poli. Ada berbagai macam poli yang terdapat di Puskesmas Kebon Jeruk, seperti Poli Gigi, Poli Gizi, Poli KB, dan Poli Umum.

Di setiap lantai, pihak manajemen Puskesmas menyediakan charger box untuk pasien yang datang ke sana. Selain itu, ada tanaman hidup di sudut-sudut ruangan yang membuat hijau suasana. Hal menarik lainnya bisa dilihat di dekat apotek Puskesmas. Di sana, terdapat taman refleksi yang bisa digunakan pasien sambil menunggu obatnya siap.

Di Puskesmas ini, sudah tidak ada lagi pasien yang membawa resep dokter untuk menebus obat di apotek. Cara menebus obat di Puskesmas ini sudah melalui sistem digital. Usai pemeriksaan, dokter akan langsung meng-input obat apa saja yang akan ditebus pasien melalui tab. Kemudian, resep itu dikirim langsung ke bagian apotek. Pasien tinggal datang ke apotek dan menunggu namanya dipanggil.

Warga sekitar bisa datang berobat ke Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta. Namun sesuai aturan, warga yang bisa berobat gratis di sini hanya warga dengan faskes BPJS Kesehatan Kebon Jeruk. Meski demikian, seluruh pasien yang datang membawa kartu BPJS Kesehatan tetap akan dilayani dengan baik.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.