Puskesmas Kembangan Punya Alogaes.com dan Gaes Club Untuk Remaja

Kesehatan

Puskesmas Kembangan Punya Alogaes.com dan Gaes Club Bagi Remaja

Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional (HAN) 2019, Kecamatan Kembangan menggelar Gebyar Posyandu Remaja pada 23 Juli 2019. Kegiatan yang diselenggarakan di RPTRA Kembangan Utara ini dihadiri Camat Kembangan Agus Ramdhani, Lurah Kembangan Utara Rudi Hariyanto, Asisten Adkesra Amin Haji, tim kesehatan puskesmas se-kecamatan Kembangan, kader posyandu, karang taruna dan elemen masyarakat lainnya.

Acara Gebyar Posyandu Remaja diisi dengan pengukuhan 15 Duta Remaja RW Sehat Kembangan. Duta remaja RW Sehat Kembangan ini bertugas sebagai konselor terkait layanan kesehatan remaja. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dikenalkan terobosan terbaru dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi para remaja dari Puskesmas Kecamatan Kembangan, yaitu berupa platform alogaes.com dan Gaes Club sebagaimana dilansir barat.jakarta.go.id (23/7/2019).

Puskesmas Kembangan Punya Alogaes.com dan Gaes Club Untuk Remaja

Dalam kesempatan itu, Kepala Puskesmas Kembangan Leni Aryani yang turut hadir dalam Gebyar Posyandu Remaja mengatakan, terobosan baru dengan adanya platform tersebut merupakan salah satu upayanya mendekatkan diri kepada para remaja di kawasannya. Karena, menurutnya terkadang anak remaja enggan berobat ke puskesmas. “Nah, kita mendekatkan diri melalui aplikasi tersebut. Kita pakai level bahasa kekinian, agar bisa lebih mendekatkan diri ke remaja,” terangnya.

[Baca Juga: Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Jakarta Utara]

Leni menjelaskan, Alo Gaes (alogaes.com) adalah Akses Layanan Online Gaya Remaja Sehat yang berisi layanan konsultasi dan kesehatan remaja. Remaja yang mengakses alogaes.com juga bisa melakukan tanya jawab terkait kesehatan. Sehingga, petugas pengelola website bisa mengetahui permasalahan yang dialami pada remaja masa kini. “Kami buat agar remaja bisa terangkul, karena kita mempunyai kewajiban untuk pantau kesehatan mereka,” ujarnya.

Sedangkan, Gaes Club adalah singkatan dari Gaya Remaja Sehat Club. Puskesmas Kembangan ingin meningkatkan layanan posyandu remaja di kawasannya. Sehingga, pihak puskesmas membuat Gaes Club sebagai salah satu cara meningkatkan layanan kesehatan. Gaes Club akan bertugas memberikan layanan kesehatan remaja satu kali dalam sebulan.

[Baca Juga: Rayakan Hari Anak Nasional, Depok Gelar GEAS]

Leni berharap, layanan dari Gaes Club ini nantinya lebih ditingkatkan dan diperbanyak hingga di tingkatan lingkungan RW. Karena saat ini Gaes Club hanya ada satu di tingkat kelurahan. Dengan tingginya respon remaja terhadap layanan kesehatan, dia berharap bisa meningkatkannya ke lingkungan RW.

Adanya terobosan baru dari Puskesmas Kembangan, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Amin Haji pun mendukung dan menilai nantinya bisa menjadi contoh untuk dikembangkan pada wilayah lainnya. Dia juga meminta kepada para lurah agar mau bekerjasama dan mendukung melalui karang taruna dari setiap kelurahan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan remaja. Sehingga, remaja karang taruna bisa ikut berperan aktif mengikuti program-program kesehatan remaja.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.