Puskesmas Kotagede Keliling Kampung untuk Sosialisaikan Covid-19

Kesehatan

Puskesmas Kotagede Keliling Kampung untuk Sosialisasi COVID-19

Upaya pencegahan dan penyebaran COVID-19 di Indonesia masih terus dijalankan walau angka kesembuhan semakin meningkat. Seperti di lingkungan masyarakat Kotagede, Puskemas Kotagede 1 yang gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pandemi ini. Para petugas Puskesmas yang bertugas rutin mengimbau masyarakat agar masyarakat teredukasi untuk melakukan langkah antisipasi dini terhadap penyebaran COVID-19 tersebut.

Kepala Puskesmas Kotagede 1 drg. Arief Haritono menyampaikan kegiatan sosialisasi COVID-19 rutin digelar. Sosialisasi ini dilakukan agar mereka menjadi promotor di dalam rumah untuk keluarganya agar melakukan langkah antisipasi, misalnya pentingnya mencuci tangan. Apa yang petugas Puskesmas sampaikan diharapkan mampu diteruskan ke keluarga di rumah.

Puskesmas Kotagede Keliling Kampung untuk Mensosialisasikan Covid-19

Pihaknya melakukan imbauan dengan berkeliling kampung (wilayah kerja Puskesmas Kotagede 1) karena dinilai lebih efektif.

“Dengan langkah ini, masyarakat bisa melihat dan menyaksikan dari dekat sehingga mereka bisa melakukan langkah-langkah antisipasi,” sebut Arief seperti dilansir dari kotajogja.go.id (8/5/2020). Arief mengingatkan, agar masyarakat tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk COVID-19 yang tengah melanda di sejumlah daerah di Indonesia.

[Baca Juga: PT KCI Sediakan Rail Clinic dan Mensosialisasikan Antisipasi Covid-19]

“Saya yakin jika masyarakat menerapkan PHBS, mereka akan tetap sehat. Kemudian dalam pencegahan COVID-19 ini kita mengedukasi masyarakat agar rutin melakukan cuci tangan dan menggunakan masker yang benar apabila ditempat umum,” ujar Arief.

Dalam sosialisasi keliling tersebut, pihaknya juga mengedukasi masyarakat mengenai gejala dan cara pencegahan dan penyebaran COVID-19, khususnya masyarakat Kotagede. Hasil kerja keras Puskesmas Kotagede pun direspons positif oleh masyarakat, mulai dari anak-anak, kalangan remaja, dan para orang tua antusias menirukan cara cuci tangan yang benar seperti diperagakan para petugas. Cuci tangan dengan benar merupakan salah satu bentuk pencegahan penularan COVID-19.

Sosialisasi ini juga menekankan kewaspadaan kepada masyarakat agar selalu memakai masker jika sedang batuk atau saat keluar rumah. ”Gunakan selalu masker jika beraktifitas diluar rumah, agar kita semua terhindar dari berbagai virus menular terutama COVID-19,” pungkas Arief.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.