Puskesmas Pancoran Rayakan Pekan Imunisasi Dunia

Kesehatan

Puskesmas Pancoran Rayakan Pekan Imunisasi Dunia

Imuninasi merupakan sebuah proses medis untuk membuat imun atau daya tahan tubuh seseorang lebih kebal terhadap suatu penyakit. Biasanya, proses medis ini dilakukan kepada bayi orang yang baru lahir yang memang sudah memiliki antibodi alami. Sayangnya antibodi tersebut hanya bertahan beberapa minggu atau bulan, setelah itu bayi akan lebih rentan akan penyakit.

Di Indonesia sendiri, ada imunisasi wajib yang harus dilakukan oleh anak, imunisasi terbagi dalam dua bagian yaitu imunisasi dasar dan lanjutan. Imunisasi dasar biasanya dilakukan pada bayi usia 0 bulan untuk menghindari hepatitis B. Kemudian yang termasuk imunisasi lanjutan yaitu, imunisasi yang dilakukan pada seseorang dengan usia mulai dari 6 tahun ke atas bahkan hingga dewasa.

[Baca Juga: Selain Vaksin HPV, Ini 5 Vaksin Untuk Orang Dewasa]

Maka dari itu, untuk mengingatkan betapa pentingnya imunisasi, terciptalah Pekan Imunisasi Dunia yang biasanya terselenggara pada minggu terakhir bulan April. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia aktif menginformasikan pentingnya imunisasi keseluruh lapisan masyarakat, salah satu caranya melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (29/4/2019), Puskesmas Kecamatan Pancoran, Kota Administrasi Jakarta Selatan turut menggelar Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2019, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tiga Durian (26/4/2019). Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Selatan Komariah Marullah memberikan apresiasi terhadap acara ini. Komariah menyebutkan, orangtua harus tau betapa pentingnya imunisasi untuk anak. Imunisasi bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit sejak kecil.

[Baca Juga: Vaksin Rabies Gratis, Binatang Lucu Ramaikan Kantor Wali Kota Depok]

“Imunisasi itu sangat penting untuk menjaga ketahanan tubuh dan mencegah anak dari berbagai macam penyakit. Semua orang tua harus peduli dan mengenal imunisasi untuk buah hatinya. Saya juga berharap, acara hari ini dapat menambah pengetahuan orangtua terkait pentingnya imunisasi," katanya.

Kemudian, Kepala Puskesmas Kecamatan Pancoran Tri Resopimiarti menyebutkan, peringatan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2019 ini dibuat agar orangtua peduli dengan kesehatan anaknya. "Imunisasi sangat bermanfaat untuk buah hati. Imunisasi bisa memberikan pertahanan terbaik bagi kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit," ujarnya.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

Pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2019 ini rupanya juga disambut dengan baik oleh warga. Warga Kelurahan Rawajati Tia mengatakan, sosialisasi tentang pentignya imunisasi ini sangat penting, khususnya bagi orangtua. Kegiatan ini membuat orangtua tahu manfaat apa saja yang didapatkan ketika anak sudah di imunisasi.

“Saya senang bisa mengikuti Pekan Imunisasi Dunia di Puskesmas ini. Acaranya sangat bermanfaat untuk saya dan anak. Saya berharap imunisasi bisa disosialisasikan dengan baik kepada para keluarga lainnya. Karena masih banyak keluarga yang pro kontra mengenai imunisasi. Dengan dilaksanakannya acara ini, saya harap orangtua di Jakarta selatan dapat memahami dan sadar akan pentingnya imunisasi bagi bauh hati,” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.