Puskesmas Villa Pertiwi Gelar Program Gemar Makan Buah

Kesehatan

Puskesmas Villa Pertiwi Gelar Program Gemar Makan Buah

Buah bukan hanya memiliki rasa yang manis namun juga memiliki manfaat yang kaya sehingga dapat menyehatkan tubuh. rutin makan buah dapat menjauhkan Anda dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, serta membuat badan lebih bugar. Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan lewat Pedoman Gizi Seimbang menyarankan masyarakat untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan untuk mendukung gaya hidup sehat.

Buah dapat menyehatkan tubuh karena buah merupakan sumber gula yang sederhana, rendah lemak dan kalori, kaya akan serat, dan kaya antioksidan. Ditambah lagi di Indonesia banyak sekali jenis buah tropis sehingga pilihan buah-buahan semakin bervariasi, misal jambu mawar, kecapi, manggis, belimbing, salak, nangka, dan lainnya.

Puskesmas Villa Pertiwi Gelar Program Gemar Makan Buah

Namun sayangnya, menurut Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Villa Pertiwi, banyak masyarakat yang belum mengonsumsi buah secara rutin sehingga banyak masyarakat yang gizinya belum seimbang.

Melansir dari depok.go.id (8/8/2019) meluncurkan program Gerakan Masyarakat Makan Buah Lokal atau Gema Makbul. Program ini dibuat untuk untuk mengajak masyarakat mengonsumsi buah secara rutin, agar dapat terhindar dari Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, rematik, sariawan, hipertensi, osteoporosis, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: KPKP Jakarta Pusat Kampanyekan Gemar Makan Buah]

“Saat ini masih banyak masyarakat yang belum menerapkan makan dengan gizi seimbang. Setiap satu porsi biasanya hanya makan nasi dan lauk saja tanpa buah dan sayur. Untuk itu, kita berinovasi melalui program ini agar makan buah dapat menjadi budaya di Kecamatan Cilodong,” kata Kepala UPF Puskesmas Villa Pertiwi Toni Hermawan.

Toni melanjutkan, dengan adanya program ini pihak Puskesmas akan mengadakan kegiatan makan buah bersama di Puskesmas Villa Pertiwi setiap hari Selasa. Kegiatan ini berjalan dengan melibatkan para pasien, baik anak-anak maupun orang dewasa.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan]

Untuk para pasien dan pengunjung yang hadir ke Puskesmas Villa Pertiwi yang hadir nanti akan disediakan buah dan air minum secara gratis. Toni mengharapkan dengan adanya program ini masyarakat bisa sadar betapa pentingnya mengonsumsi buah-buahan.

“Melalui program ini diharapkan bisa mencegah PTM di masyarakat, serta meningkatkan minat masyarakat untuk makan buah,” ujar Toni.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.