Putri Kusuma Wardani, Harapan Baru di Sektor Tunggal Putri Bulutangkis Indonesia

Hobi dan Hiburan

Putri Kusuma Wardani, Harapan Baru di Sektor Tunggal Putri Bulu Tangkis

Nama Putri Kusuma Wardani dibicarakan banyak orang setelah menaklukkan unggulan pertama Gregoria Mariska Tunjung di babak penyisihan grup M tunggal putri Mola TV Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Home Tournament.

Pada laga panjang berdurasi 80 menit ini, Putri menang dengan skor 25-23, 20-22, dan 21-11. Gregoria sebetulnya berpeluang besar untuk mengamankan game pertama. Namun, Putri yang tertinggal mampu menyamakan kedudukan 19-19 dan selanjutnya adu setting berlangsung ketat. Putri merebut game pertama.

"Kunci kemenangan saya adalah saya lebih tahan di lapangan. Seperti sudah saya prediksi, bola-bola depan Kak Gregoria yang mengejutkan arahnya, tadi banyak keluar. Dari awal saya ingin main bagus dulu, nggak memikirkan menang atau kalah, jadi saya main tanpa beban," ujar Putri kepada Badmintonindonesia.org (23/7/2020).

Putri Kusuma Wardani, Harapan Baru di Sektor Tunggal Putri Bulutangkis Indonesia

"Saya kehilangan game kedua karena saya buru-buru mau mematikan bola. Di game ketiga, saya mempercepat tempo permainan dan nggak mau kecolongan lagi. Pertandingan pagi ini seru sekali, Kak Gregoria nggak gampang untuk dikalahkan," lanjut Putri.

Dengan hasil ini, Putri berhasil menjadi juara grup M dengan mengantongi tiga kemenangan. Sedangkan Gregoria menjadi runner up dengan dua kemenangan. Posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati Bilqis Prasista dan Siti Sarah Azzahra. Laga antara Bilqis dan Siti pagi ini di lapangan dua dimenangkan Bilqis dengan skor 21-16, 21-15. Putri masih menunggu calon lawan di perempat final yang ditentukan lewat undian. Ia bisa saja berjumpa kembali dengan Gregoria di laga delapan besar.

[Baca Juga: Kisah Atlet Bulu Tangkis Susi Susanti Diangkat ke Layar Lebar]

"Di perempat final pasti lawannya lebih berat karena kekuatan lawan sudah imbang. Sekarang saya mau kembalikan kondisi dulu setelah permainan panjang," komentar Putri soal perempat final.

Putri Kusuma Wardani menumbuhkan harapan baru di sektor tunggal putri bulu tangkis Indonesia setelah tak ada dari seniornya yang menembus 10 besar dunia. Putri Kusuma Wardani atau yang akrab disapa Putri KW diyakini merupakan penerus sejati dari legenda hidup Indonesia, Susi Susanti. Anggapan ini tak berlebihan, sebab atlet bulu tangkis 17 tahun itu telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa di usia muda.

Berbeda dengan senior-seniornya terdahulu yang selalu gagal memenuhi ekspektasi, Putri memiliki modal yang lebih lengkap untuk menjadi penyelamat sektor tunggal putri Tanah Air. Kemampuannya menembus Pelatnas 2020 adalah bukti bahwa dirinya bukan bakat sembarangan. Berdasarkan statistik, Putri merupakan atlet bulu tangkis tunggal putri paling baik.

[Baca Juga: Belajar Bulu Tangkis Profesional di Sekolah Milik Taufik Hidayat]

Berdasarkan data yang dihimpun dari Instagram akun @badminstat, Putri sepanjang 2019 yang telah bermain di 36 pertandingan, berhasil memenangi 27 di antaranya dan hanya kalah sembilan kali. Persentase kemenangan 75 persen (27-9) milik Putri ini jauh melampaui senior-seniornya. Fitriani yang sukses juara di Thailand Masters 2019 nyatanya hanya berhasil memenangi 18 pertandingan dan kalah 22 kali. Rasio kemenangannya hanya 45 persen.

Putri memiliki modal yang cukup untuk bisa melesat sebagai pemain terbaik di Indonesia. Masih berusia 17 tahun, ia sudah mencatatkan banyak prestasi, terkhususnya di tim junior. Putri merupakan bagian dari pasukan bulu tangkis junior Indonesia yang berhasil merebut Piala Suhandinata di turnamen beregu BWF World Junior Championships 2019 lalu.

Sebagai seorang atlet bulu tangkis, Putri KW memiliki modal yang ideal. Ia bertubuh cukup jangkung dengan tinggi 172 cm serta memiliki kelincahan layaknya pemain-pemain China atau Taiwan. Putri Kusuma Wardani memiliki daya juang serta footwork yang bagus sehingga pukul-pukulannya bisa menyulitkan lawan. Dengan postur ideal serta kelincahan, pengagum Carolina Marin ini berpotensi menjadi pemain bulu tangkis istimewa di masa depan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.