Quinoa, Pengganti Nasi yang Nikmat Namun Kaya Manfaat

Kesehatan

Quinoa, Pengganti Nasi yang Nikmat dan Kaya Manfaat

Maraknya gaya hidup sehat, membuat masyarakat semakin sadar dengan pentingnya menjaga kesehatan. Perlahan tapi pasti, banyak masyarakat yang mulai beralih dari nasi putih ke makanan yang lebih sehat dan tentunya tak kalah mengenyangkan. Salah satu pengganti nasi yang paling populer adalah quinoa.

Quinoa merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman yang disebut chenopodium auinoa. Tanaman merupakan tanaman endemik dari Peru, Bolivia, dan beberapa daerah di Amerika Serikat lainnya. Quinoa dipercaya beberapa masyarakat sebagai pengganti nasi karena manfaatnya yang luar biasa.

[Baca Juga: Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu]

Quinoa, Pengganti Nasi yang Nikmat Namun Kaya Manfaat

Mengutip dari berbagai sumber (6/11/2019) quinoa tinggi protein, kandungan lemak tak jenuh, kaya serat, dan juga mengandung banyak mineral serta vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Protein dalam quinoa dibentuk oleh asam amino dengan jumlah delapan asam amino esensial yang dinilai penting untuk tubuh, yaitu isoleucin, leucine, lysine, methionine, phenylalanin, threonine, tryptophan, dan valine.

Manfaat Quinoa

Quinoa juga mengandung banyak mineral seperti copper, mangan, fosfor, dan zat besi. Quinoa juga mengandung vitamin B dan vitamin E yang bekerja sebagai antiokdisan. Dengan berbagai kandungan yang ada, Quinoa dapat memberikan beberapa manfaat untuk tubuh, misalnya quinoa bisa jadi anti-inflamasi dan mencegah beberapa penyakit. Kemudian, quinoa juga aman dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki alergi.

Quinoa juga baik untuk pembentukan tulang, otot, dan kulit sehingga baik untuk pertumbuhan. Biji-bijian ini juga cocok untuk penderita diabetes atau Anda yang sedang diet.

Quinoa, Pengganti Nasi yang Nikmat Namun Kaya Manfaat

Cara Mengolah Quinoa

Untuk mengolah quinoa, caranya tentu berbeda dengan memasak nasi. Anda harus membilas terlebih dahulu quinoa yang Anda miliki. Proses ini berfungsi untuk menghilangkan saponin pada permukaan quinoa. Saponin menyebabkan quinoa terasa pahit saat dimakan atau Anda bisa membeli quinoa yang saponinnya sudah terlepas dan sudah siap masak.

[Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan]

Ambil air sebanyak dua gelas untuk memasak satu gelas quinoa. Setelah quinoa air sudah bercampur, rebus quinoa selama 15 menit hingga airnya meresap. Quinoa memiliki rasa yang hambar sehingga sangat pas jika dijadikan sebagai pengganti nasi.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.