Racikan Teh yang Terinspirasi Karya Seniman Sunaryo Dihadirkan di Wot Bat u.jpg

Kuliner

Racikan Teh yang Terinspirasi Karya Seniman Sunaryo Dihadirkan di Wot Batu

Di Kota Bandung terdapat lokasi karya seni instalasi yang terbilang populer bagi para penikmat seni kontemporer di Tanah Air, yakni Wot Batu. Di mana instalasi seni yang berlokasi di Jalan Bukit Pakar Timur Nomor 98 Ciburial ini merupakan hasil karya seniman asal Kota Sembang Sunaryo. Ia menanam dan menata lebih dari 135 batu di ruang terbuka yang dibawanya dari berbagai gunung di Jawa dan menjadikannya karya seni bertemakan jembatan spiritual. Terinspirasi dengan karya Sunaryo ini mendorong Indonesian tea blend specialist Oza Sudewo untuk menghadirkan menu racikan teh kolaborasi yang disebut sebagai respons instalasi seninya di Wot Batu.

Dalam menghadirkan menu kolaborasi ini, Oza Sudewo disebut harus mengambil makna dari Wot Batu itu sendiri. Di mana ia memandang, instalasi seni di sana kuat akan makna spiritual, representasi perjalanan hidup manusia modern serta dualisme dari kehidupan. Dari sinilah, pria yang digadang-gadang sebagai pionir tea blend specialist khas Indonesia yang juga merupakan juri kompetisi teh internasional, yaitu Tea Master Cup, menghadirkan tiga menu the di Wot Batu.

Racikan Teh yang Terinspirasi Karya Seniman Sunaryo Dihadirkan di Wot Batu.jpg

“Dengan mengambil konsep mereguk Wot Batu’, OZA Tea mencoba mendeskripsikan kembali Wot Batu melalui suguhan teh yang menghadirkan nuansa kontemplatif pada racikannya. Karakter utamanya adalah buah jambu sebagai bagian dari memori masa kecil Sunaryo dengan sang ibu yang terekam dalam salah satu instalasi di Wot Batu, yaitu Batu Indung. Racikan-racikan khas pada rangkaian Respon Karya ini juga menggunakan bahan-bahan yang mewakili konsep dualisme dalam deretan instalasi di Wot Batu,” ujar Oza, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (24/1/2023).

[Baca Juga: Hondje Tea House Malang, Sebuah Ketenangan dalam Secangkir Teh]

Tiga menu yang juga mengambil inspirasi dari falsafah Sunda Tri Tangtu itu terdiri dari Ambu yang dipresentasikan sebagai awal perjalanan manusia dengan rarcikan jambu, apel, rosella, dan serai dengan rasa yang segar serta menenangkan. Kemudian ada Indriya yang merepresentasi alat indera sebagai cara manusia memproses kehidupan di sekitarnya dan menggunakan racikan yang menggunakan tambahan kemangi untuk rasa yang lebih kompleks. Terakhir adalah Suwung yang artinya kehampaan dan menjadi representasi akhir dari hidup di dunia fana dan awal kehidupan setelah kematina. Di mana menu ini diracik dengan kombinasi teh hijau, kurma, pandan, serai, sampai getah pohon kamper.

Ketiga menu ini disebut hadir secara eksklusif di Wot Batu dan Oza mengajak publik untuk mencicipinya racikannya yang dibuat sedemikian agar dapat menjadi tea blending yang juga jadi representasi dari karya seni di sini. Jadi menurutnya pengalaman di Wot Batu tak hanya dilihat saja tapi juga bisa dinikmati dan dikecap melalui tiga menu tea blending-nya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.