MATRAMAN_KULINER_TERNYATA MAKANAN KHAS ARAB ADA BANYAK DAN ENAK ENAK_IVAN_1100 px X 600 px_REVISI 01-01.jpg

Kuliner

Ragam Makanan Khas Arab dan Pilihan Tempat untuk Menikmatinya

Ternyata, tidak hanya Indonesia yang memiliki banyak makanan khas. Negara-negara di Jazirah Arab pun demikian. Mereka punya berbagai appetizer, main course, serta dessert. Dari berbagai makanan khas Arab tersebut, beberapa yang dinilai lezat karena cocok dengan lidah kita orang Indonesia adalah mugalgal, khubz, hummus, shawarma, dan mandhi. Berikut penjelasannya.

  • Mugalgal

Mugalgal memang terdengar asing di telinga sebagian orang Indonesia. Tapi bukan berarti, makanan ini tidak populer dan tak disukai oleh orang-orang di negara ini. Sebab faktanya, mugalgal memiliki banyak peminat di Indonesia. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan haridnya mugalgal di setiap restoran Timur Tengah.

Mugalgal sendiri adalah hidangan yang terbuat dari daging domba cincang, tomat segar, dan bawang bombay yang digoreng bersama rempah-rempah. Makanan khas Arab ini juga memiliki rasa yang cukup pedas karena menggunakan lada hitam dalam proses memasaknya.

  • Khubz
Makanan khas Timur Tengah.

Khubz merupakan nama lain dari roti khas arab. Roti ini dibuat dari gandum dan berbentuk bundar. Biasanya, khubz dipotong membentuk segitiga terlebih dahulu sebelum disajikan. Masyarakat Timur Tengah khususnya Arab Saudi, menjadikan khubz sebagai salah satu makanan pokok. Mereka biasanya menyantap roti tersebut bersama dengan bubur khas Timur Tengah.

[Baca Juga : Menikmati Makanan Jawa Timur di Wisata Kuliner Bintaro]

  • Hummus

Selain bubur, khubz juga biasa disantap dengan hummus. Ini merupakan makanan khas Arab lainnya yang berupa saus cocol, atau semacam selai gurih yang dibuat dari kacang Arab giling yang dicampur tahini (wijen giling), minyak zaitun, sari perasan limau, garam, dan bawang putih. Hidangan tersebut sangat populer di seantero Timur Tengah, bahkan hingga ke Turki dan Afrika Utara. Hummus juga diyakini telah menjadi makanan khas Arab selama lebih dari seribu tahun.

  • Mandhi

Mandhi adalah olahan nasi yang dimasak menggunakan rempah khas Timur Tengah seperti kismis, zaitun, safron, garam masala, dan klabet. Sebab itulah, makanan ini terkenal karena wangi rempahnya yang khas. Sebagai pelengkap atau lauknya, mandhi biasanya disajikan dengan daging ayam (mandhi laham) atau daging kambing muda (mandi dujaj). Rasa rempah yang sangat terasa, daging yang lembut dan empuk, serta bentuk nasi yang sedikit lebih panjang dari nasi biasa, jadi ciri utama dari makanan khas Arab tersebut.

  • Shawarma
Makanan khas Timur Tengah.

Di Indonesia, makanan khas Arab ini lebih dikenal dengan nama kebab. Ini merupakan hidangan dari campuran daging, beberapa jenis sayur, serta saus khas Arab yang dibungkus dengan roti berbentuk kantung. Dagingnya sendiri bisa berupa daging domba, ayam, kalkun, sapi, sapi muda, atau kerbau. Cara memasak atau mematangkan daging tersebut adalah dengan memasukkannya pada sebuah besi panjang, lalu dipanggang seharian dengan cara diputar didepan api. Shawarma sendiri biasanya disantap dengan tabbouleh atau hidangan vegetarian khas Timur Tengah.

[Baca Juga : Menikmati Olahan Daging Sapi di Matraman]

Pilihan Tempat Menikmatinya

Untuk bisa menikmati berbagai makanan khas Arab yang disebutkan tadi, Anda tidak perlu pergi jauh ke Jazirah Arab. Sebab sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, di Indonesia pun sudah banyak restoran khas Timur Tengah yang pastinya menawarkan menu-menu lezat tadi.

Seperti di kawasan Matraman, misalnya. Di salah satu kecamatan yang ada di Jakarta Timur ini, setidaknya ada dua restoran Timur Tengah yang memiliki hidangan-hidangan tadi di dalam buku menunya. Kedua restoran yang menawarkan makanan khas Arab itu adalah Hadramiah Restaurant yang ada di Jalan Pramuka Raya no. 64, dan Abunawas yang berlokasi di Jalan Matraman Raya no. 15. Hadramiah buka setiap hari dari pukul 09.00-23.00 WIB, sementara Abunawas buka dari jam 10.00-23.30 WIB.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.