Ragusa Es Italia, Es Krim Legendaris yang Tak Lekang Waktu.jpg

Kuliner

Ragusa Es Italia, Es Krim Legendaris yang Tak Lekang Waktu

Bila Anda menyusuri area jalan Veteran I, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, maka pemandangan berbagai tempat makan terlihat berjejer dengan rapi dan tak sedikit yang menujukkan kesan klasik. Di antara restoran serta kafe yang ada di sini, terdapat satu lokasi yang sudah sangat terkenal menyajikan es krim nikmat dengan pelanggannya yang lintas generasi. Dari mulai yang sudah berusia kakek-nenek hingga anak muda, tentu saja tak asing dengan toko es krim ini yang sudah berdiri sejak era Batavia hingga kini. Tentu saja, toko es krim legendaris yang dibahas adalah Ragusa Es Italia.

Ragusa Es Italia yang berada di Jalan Veteran I Nomor 10 bisa dikatakan sebagai tempat menikmati es krim yang ikonik. Ketika Anda masuk ke dalamnya maka kesan nostalgia tak ayal membayangi benak. Dari mulai desain interior yang disebut memang dibangun orang Italia yang dipekerjakan Ragusa Bersaudara hingga menunya yang manis dan nikmat saat dinikmati ketika teriknya sang surya membayangi wilayah Jakarta Pusat.

Ragusa Es Italia, Es Krim Legendaris yang Tak Lekang Waktu  .jpg

Saat ini pemilik toko es krim yang sudah mulai berjualan sejak tahun 1932 itu adalah pasangan suami-istri Buntoro Kurniawan dan Sias Mawarni dengan keduanya yang dulu memang pernah bekerja di bawah kepemimpinan keluarga Ragusa Bersaudara. Walau keduanya sudah tak muda lagi, baik Buntoro dan Sias masih tetap setia berada di Ragusa Es Italia untuk memastikan es krim diproduksi setiap harinya sesuai standar mereka dan fresh ketika dinikmati pelanggannya.

[Baca Juga: Ini Toko Es Krim Jadul Legendaris di Jakarta Pusat]

Semua menu Ragusa Es Italia sangat mencerminkan kesan sajian es krim klasik dan mayoritas memang disajikan sejak Ragusa Bersaudara yang masih menjajakannya. Dari mulai rasa regular (Rp15.000) seperti mocca, vanilla, coklat, stroberi sampai rasa premium (Rp20.000) seperti nougat, durian medan, dan mint raisin. Kemudian untuk konsumen yang ingin menikmati campuran berbagai es krim, Ragusa Es Italia juga menyajikan coupe de maison (Rp25.000) dan special mix (Rp25.000). Sedangkan bagi yang ingin menikmati es krimnya dengan topping atau tambahan elemen lainnya ada menu fancy flavored seperti chocolate sundae (Rp25.000), tutti frutti (Rp30.000), cassata siciliana (Rp30.000), banana split (Rp35.000), dan spagheti ice cream (Rp35.000).

Ragusa Es Italia, Es Krim Legendaris yang Tak Lekang Waktu .jpg

Di antara menu-menu di atas, terdapat tiga yang memiliki kisah menarik. Karena menu tersebut memang baru muncul ketika Buntoro dan Sias mengambil alih Ragusa Es Italia. Selain berkat tangan dingin sang istri dalam mengelola toko es krim itu, Sias juga menjadi sosok yang menghadirkan menu banana split, mint raisin dan spagheti ice cream. Dengan spagheti ice cream yang Sias hadirkan untuk memberikan tampilan unik berkat bekalnya dalam membuat spagheti yang didapatkannya ketika dirinya ke Italia dan mempelajari pembuatan kuliner khas negara tersebut. Sedangkan banana split, ia tambahkan ke menu karena memandang kombinasi pisang dan es krim terbilang populer.

“Ada perubahan yang katanya dulu pakai alkohol, rum raisin, (campurannya) pakai kismis dan rum. Itu dua sendok rum untuk 20 liter es krim dan tidak bikin mabuk kayak buat bikin kue. Kan sini dekat masjid (Istiqlal) entar gue dikerubutin orang, repot, gue ganti aja jadi mint raisin jadi ganti rum pake mint biar ada pedes-pedes gitu,” sebut perempuan yang akrab disapa Bu Ragusa itu kepada PingPoint.co.id (28/8/2020).

Saat PingPoint.co.id datang ke Ragusa Es Italia, toko es krim ini sudah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan mengurangi kapasitas konsumennya sekitar 50 persen dan fokus layani take away. PingPoint.co.id mencicipi salah satu menu populernya, yaitu cassata siciliana. Dengan kombinasi rasa es krim coklat, stroberi, vanilla, nougat, dan tambahan cake, es krim ini memiliki tekstur yang lembut dan sangat tepat dinikmati di hari yang panas.

Read More

Artikel Lainnya

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.


Comments


Please Login to leave a comment.